Dosen Universitas BSI Berikan Penyuluhan Pengembangan Diri Kepada Santri Pondok Pesantren Daarul Hasanah

0 16

BSINews, Bogor- Memaknai sebuah kesuksesan perlu diawali dengan mengenal diri sendiri melalui upaya pengembangan diri, salah satunya yaitu paham dengan bakat dan potensi dalam diri. Orang-orang sukses dewasa ini terlahir dari kemampuan dalam mengelola kemampuan dan keahliannya melalui bakat dan unsur kreativitas dirinya. Tentunya hal ini perlulah untuk diajarkan pada masyarakat kita terutama kalangan pelajar atau siswa yang masih dalam taraf pencarian jati diri mereka. Namun proses pengembangan diri ini terkadang menemui hambatan karena tidak semua orang memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengerti upaya mengembangkan diri.

Baca Juga: Penyuluhan Penggunaan Kamera Handphone Untuk Kebutuhan Kalangan Wanita

Fenomena ini mendorong dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)  mengadakan Pengabdian Masyarakat (abdimas) dengan memberikan penyuluhan pengembangan diri untuk menghadapi perkembangan Iptek kepada santri pondok pesantren Daarul Hasanah Bogor yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting, Sabtu (26/3).

Kegiatan pengabdian  kali menampilkan Dahlia Sarkawi sebagai pemateri yang memaparkan pentingnya mengoptimalkan bakat dan daya kreativitas yang ada pada diri seseorang meraih kesuksesan dan menghadapi perkembangan iptek.

“Orang dikatakan sukses adalah orang yang mampu mengasah bakat serta daya kreatifnya agar menjadi manusian yang berhasil. Jadi mulai dari sekarang ini para santri harus mau berubah, dan mulai merencanakan cita-cita di masa datang itu ingin seperti apa,”  jelas Dahlia Sarkawi.

Ia juga memberikan contoh tokoh-tokoh yang telah sukses dikarenakan mampu mengembangkan diri melalui bakat dan daya kreativitasnya. Dikatakannya pula bahwa dengan mampu mengembangkan diri para santriwati akan mampu menjadi apa yang mereka mau.

“Hal terpenting saat ini adalah memantapkan niat kalian untuk meraih kehidupan yang sukses di masa depan, caranya bagaimana melalui pengembangan diri kalian menjadi insan yang berhasil dan berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu Ustadz Ahmad Kosasih, selaku pimpinan pondok pesantren menunjukkan rasa senangnya karena para santri peserta didiknya mendapatkan pengetahuan yang luar biasa dan berharap dapat menjadi bekal inspirasi para santri untuk lebih maju lagi.

“Saya atas nama pengurus pondok pesantren senang dan mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu dosen yang telah mau membagi ilmunya kepada anak didik kami, semoga apa yang sudah disampaikan akan menjadi bekal tersendiri bagi santri kami untuk lebih maju di kemudian hari,”  tutur Ahmad Kosasih.

Baca Juga: Penyuluhan Dan Sosialisasi Penerapan 5 M Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid 19 Kepada Warga Bekasi Utara

Disamping itu, Slamet Heri selaku ketua tim pelaksana pengabdian masayarakat Universitas BSI menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang sesuai dengan namanya yaitu membagikan ilmu kepada masyarakat sebagai wujud nyata bentuk ataupun rasa kepedulian.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kami dosen-dosen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berbagi pengetahuan  kepada masyarakat khusunya para santriwati di pondok pesantren ini,” tutupnya.  (RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.