Buat Poster Cantik Dengan Mudah Lewat Canva

0 54

Jakarta, BSINews – Sekelompok dosen program studi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan pelatihan membuat desain poster cantik pada TPA Al Ihsan Duri Kosambi, Cengkareng, Ahad (20/3) secara offline.

Pelatihan yang berlokasi di jalan H. Selong RT.07/013 Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat ini diketuai oleh Kartika Mariskhana dan beranggotakan Ita Dewi Sintawati sebagai tutor, Murniyati, Nining Suharyanti, serta dibantu oleh beberapa mahasiswa seperti Muhammad Hisyam Alfi, dan Doddy Dwi Saputra.

Ita selaku tutor menjelaskan, bahwa saat ini kebutuhan akan visual konten yang dibagikan ke media sosial serta blog sangat penting untuk menunjang kegiatan bisnis.

Baca juga: Tingkatkan Pengabdian Masyarakat, FEB Universitas BSI Gelar Sosialisasi

“Visual konten yang baik tentu akan menarik bagi peserta, terutama anak-anak. Namun untuk membuat visual konten bukanlah hal yang bisa dikerjakan sembarangan orang,” kata Ita, Ahad (20/3).

Ia memaparkan, Ada alternatif lain aplikasi desain gratis dan mudah digunakan untuk semua orang yaitu Canva, salah satunya adalah untuk membuat poster cantik.

Pelatihan poster cantik bagi anak-anak

“Poster adalah karya seni berupa desian grafis yang membuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas. Ukurannya variatif, mulai dari besar hingga kecil,” ujarnya.

Di sisi lain, kartika selaku ketua mengatakan, adapun kendala yang dihadapi para tutor dalam mentransfer ilmu dan pengetahuan yaitu kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi mendesain poster, terutama pada pemanfaatan canva.

“Dalam kegiatan ini diharapkan menghasilkan output berupa desain poster cantik yang kreatif bagi anak-anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi, Cengkareng, di mana saat ini anak-anak mendapatkan materi dan fasilitas yang kurang mendukung dalam proses belajar selama aktivitas di TPA atau belum memiliki karya apapun,” tutur Kartika, Ahad (20/3) lalu.

Ia menyampaikan, dengan diberikannya pelatihan ini anak-anak dengan usia 4 – 6 tahun dapat menjadi lebih produktif dan kreatif. Di mana mereka dapat memanfaatkan waktunya untuk berkreasi membuat karya berupa poster untuk kegiatan-kegiatan selama di TPA Al Ihsan, Duri Kosambi, Cengkareng.

“Kami dosen dari Universitas BSI, khususnya dari prodi Sistem Informasi sangat senang berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak-anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi, Cengkareng, agar dapat mempraktekkannya melalui kegiatan pengabdian masyarakat,” pungkasnya.

Ia berharap, semoga ilmu pengetahuan yang telah diberikan dosen Universitas BSI menjadi lebih berguna dan memberikan manfaat bagi peserta pelatihan yang telah mengikuti pengabdian masyarakat.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.