Manfaatkan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris

0 3

Jakarta, BSINews – Sekelompok dosen program studi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan pengabdian masyarakat (PM) dalam bentuk pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media belajar menulis bahasa inggris.

Pelatihan ditujukan kepada remaja DKM Masjid Jami’ Al Muttaqin berlangsung secara luring pada Sabtu (2/4) ini dilakukan dengan mengambil beberapa contoh penulisan menggunakan beberapa tenses yang ada, seperti present tense dan past tense.

Ibnu Subroto selaku tutor memberikan pemaparan materi mengenai penggunaan aplikasi Quizizz. Ia mengatakan, bahwa peserta diberikan pelatihan terlebih dahulu tentang cara mengerjakan latihan dan bentuk-bentuk latihan menulis bahasa inggris.

Baca juga:Dosen Universitas BSI Dorong Remaja Masjid Jami’ Al Muttaqin Aktif Berbahasa Inggris

“Setelah itu, peserta diminta untuk mengerjakan soal latihan terkait dengan materi penggunaan aplikasi Quizizz untuk mengetahui sejauh mana daya serap materi dapat dipahami dan diterima mereka,” pungkas Ibnu, Sabtu (2/4).

Aplikasi quizizz sebagai media belajar

Lanjutnya, peserta mengerjakan soal latihan menggunakan aplikasi Quizizz yang terintegrasi ke laptop panitia, sehingga dapat dilihat secara langsung hasil latihan yang telah dikerjakan.

Di sisi lain, ketua Yayasan Pesona Masjid Al Muttaqin Ustaz H. Achmad Sofyan mengungkapkan, bahwa dirinya sangat mendukung serta berterima kasih kepada dosen-dosen prodi bahasa inggris dan sastra inggris Universitas BSI yang telah memilih DKM Masjid Jami’ Al Muttaqin sebagai mitra dalam melakukan PM kali ini.

“Tentunya memberikan ilmu, berbagi tips dan triknya dalam menguasai bahasa inggris kepada remaja DKM Masjid Jami’ Al Muttaqin ini. Pelatihan ini tentu saja sangat bermanfaat untuk kami. Semoga kegiatan ini dapat berlangsung setiap semesternya,” pungkas Achmad Sofyan.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Ajak Pelajar Pahami Bahasa Inggris Lewat Identifikasi Topic

Sementara itu, Yanti Rosalinah selaku ketua kelompok PM kepada para remaja DKM Masjid Jami’ Al Muttaqin mengatakan, tujuan khusus PM ini agar para remaja bisa memahami dan mengaplikasikan penggunaan aplikasi Quizizz dalam mengerjakan latihan menulis bahasa inggris dengan tepat.

“Penggunaan aplikasi Quizizz ini sangat membantu dalam pembelajaran menulis bahasa inggris, di mana kita dapat mengukur kemampuan penguasaan menulis. Oleh karena itu, belajar bahasa inggris diharapkan bukan hanya di sekolah saja, namun di manapun berada dapat dipraktekkan,” tandas Yanti.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.