Visualisasi Data Gunakan Google Studio

0 10

Depok, BSINews – Mengutip pernyataan pelaksana tugas (Plt.) Dirjen Dikti, bahwa peran perguruan tinggi sangat penting sebagai mata air bagi masyarakat, industri hingga mahasiswa itu sendiri. Dalam hubungannya bermasyarakat, perguruan tinggi menjalankan fungsinya dengan mengadakan pengabdian masyarakat (PM).

Seperti yang dilakukan kumpulan dosen pengabdian masyarakat program studi Teknik Industri Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang melakukan PM pada pengurus TPQ Darul Hikmah Depok secara online melalui zoom, Sabtu (26/3).

Kegiatan yang berfokus pada pelatihan visualisasi data menggunakan google studio ini diketuai oleh Miwan K Hidayat dibantu oleh beberapa dosen dan mahasiswa Universitas BSI.

Baca juga: Pelatihan Strategi Komunikasi Efektif Untuk Implementasi Parenting

Miwan menjelaskan, penyajian data informasi pada TPQ Darul Hikmah Depok dapat ditingkatkan, yang mungkin awalnya masih belum berjalan optimal disebabkan informasi yang disajikan masih dalam bentuk tabel,” ujar Miwan, Sabtu (26/3).

“Pada era digital saat ini menemukan data tidak begitu sulit. Dataset dapat ditemukan di internet. Dataset tersebut sangatlah besar, kompleks dan sulit dianalisis dengan perangkat lunak data processing seperti spreadsheet,” ujarnya.

Visualisasi data efektif sajikan data dengan detil

Lanjutnya, cara efektif menyajikan data yang detil menjadi informasi yang mudah diterima adalah dengan cara abstraksi menjadi informasi visual.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan Pemanfaatan Surat Menyurat Digital

“Peningkatan kemampuan pengolahan data sangat penting dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kemajuan organisasi. Analisis data yang tepat juga menjadi sasaran utama disaat pengolahan data sudah dilakukan dengan efektif dan efisien,” pungkasnya.

Sementara itu, Abdul Ghaffar selaku ketua TPQ Darul Hikmah Depok mengatakan bahwa dengan hadirnya masyarakat dari dosen Universitas BSI banyak hal dan ilmu yang didapatkan terutama terkait pengolahan data di era digital melalui pelatihan visualisasi data.

“Saya dan segenap pengurus TPQ Darul Hikmah Depok mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya pengabdian masyarakat dari dosen Universitas BSI, sehingga mampu menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pengolahan data,” tandas Abdul.(ACH)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.