Universitas BSI Sukabumi Ajak Dosen Sharing Diskusi Penelitian Ilmiah

0 74

BSINews, Sukabumi-Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Sukabumi, menggelar kegiatan Sharing Diskusi Kelompok Penelitian Pekan Ilmiah Menuju Publikasi Internasional. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom virtual meeting dimulai pukul 09.00 WIB (01/4).

Baca Juga: Universitas Bsi Kampus Sukabumi Gelar Webinar Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional Bereputasi

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kelompok penelitian dalam menentukan judul dan pembahasan yang sesuai dengan bidang ilmu komputer agar dapat menghasilkan penelitian ilmiah yang berkualitas sehingga dapat di publikasikan di jurnal internasional bereputasi.

Dalam pemaparannya Rizal Amegia Saputra selaku PIC sekaligus narasumber pertama  menyampaikan bahwa untuk menuju publikasi internasional, penelitian dosen harus memiliki kualitas yang baik maka dari itu perlu adanya diskusi dan sharing untuk mencapai tujuan tersebut.

“Pada pekan ilmiah yang sudah diselenggarakan Universitas BSI terbentuklah 141 kelompok penelitian. Dari 141 kelompok tersebut ada belasan kelompok yang belum menentukan judul, maka dari itu agar kelompok tersebut  terinspirasi maka sharing dan diskusi ini diadakan dan agar kelompok peneliti bisa fokus dalam menentukan penelitiannya,” kata  Rizal.

Sementara itu, Anik Andriani sebagai narasumber yang kedua menjelaskan bahwa dalam menentukan sebuah judul penelitian hal yang harus diperhatikan adalah judul harus ringkas dana jelas, mengandung tujuan dan metode dan menarik untuk diteliti. Selain itu dalam submit paper hal yang harus diperhatikan yaitu Melihat Daftar Conference Melalui EDAS, EasyChair, Cek Status publisher di scopus.com, Cek Scope Bidang Ilmu, Download Tempate, dan Cek info (Submission Deadline,  Conference Date, Publish Fee).

Baca Juga: Prodi Humas UBSI Gelar Webinar Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini para dosen dapat menghasilkan penelitian ilmiah yang berkualitas dan   selain itu agar dapat meningkatkan jumlah partisipasi dosen tetap dalam publikasi artikel ilmiah  bereputasi internasional,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.