Dosen Universitas BSI Latih Pengurus TPQ Manfaatkan Fitur-fitur di MS Word

0 99

BSINews, Jakarta— Microsoft Office (Ms.Word) merupakan software atau perangkat lunak yang banyak memiliki fitur-fitur super canggih dan praktis yang berfungsi membantu memudahkan pekerjaan perkantoran, bisnis, pendidikan, pelayanan sosial dan masyarakat. Masih banyak yang belum mengetahui kegunaan fitur-fitur yang ada di Ms Word yang jarang digunakan, dalam artian orang hanya menggunakan fitur yang sudah dimengerti dan yang sering digunakan, tanpa menjelajah fitur-fitur lain yang masih tersembunyi, padahal masih banyak yang tersimpan manfaat didalamnya.

Baca Juga: Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi dengan Memanfaatkan Microsoft Word

Fitur format huruf, paragraph dalam pengolah kata saja yang sering digunakan, namun lebih dari itu Ms.Word memiliki fitur-fitur tersembunyi seperti, mail merge, menyisipkan citation, bibliografi  secara otomatis, menyisipkan fitur comment, equation, symbol, diagram, dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai upaya dalam membantu masyarakat memaksimalkan penggunaan Ms.Word, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dari Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Teknologi Komputer Universitas BSI,  mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penggunaan Fitur-fitur di Microsoft  Word. Kegiatan pelatihan ini difokuskan pada untuk membuat surat tugas mengajar dengan mail merge kepada guru dan pengurus TPQ Muta’allimul Qiro’ah yang dilaksanakan, setiap hari Sabtu, tanggal 14 dan 21 Juni 2022 di Madrasah TPQ Muta’allimul Qiro’ah Kelurahan. Sungai Bambu, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Amrin, selaku ketua pengabdian masyarakat menjelaskan bahwa, tujuan diadakan pengabdian masyrakat  ini untuk memaksimalkan fitur-fitur di Ms.Word dalam membuat surat tugas mengajar dengan mail merge kepada guru dan pengurus TPQ Muta’allimul Qiro’ah Jakarta Utara.

“Peserta sangat antusias menerima penyampaian materi dari para dosen Universitas BSI. Dalam pelatihan ini kami membimbing mereka mengenai pembuatan surat tugas mengajar dengan manfaatkan fitur mail-merge untuk membuat surat atau dokumen lainnya dalam jumlah penerima yang banyak yang memiliki bentuk format yang sama ,” jelas Amrin.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Bekali Guru TPQ Nurul Jihad Teknik Formating Microsoft Word

Amrin menambahkan, dengan kegiatan pengabdian ini dapat membantu memaksimalkan kinerja para guru dan pengurus TPQ Muta’allimul Qiro’ah, sehingga dapat meningkatkan hasil lulusan yang berkualitas.

“Kegiatan pelatihan Ms.Word tidak hanya bermanfaat bagi guru dan pengurus TPQ, namun dengan kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas hasil lulusan yang lebih baik lagi,” tutupnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.