Perbarui Kemampuan Desain Rangkaian Elektronika Dosen, Universitas BSI Adakan Workshop

0 10

Jakarta, BSINews – Program studi Teknik Elektro Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) adakan workshop ‘Desain Rangkaian Elektronika’ bagi dosen secara daring melalui zoom, Rabu (23/6) lalu.

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan rapat Unit Pengembangan Akademik (UPA) prodi Teknik elektro Universitas BSI yang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB dengan menghadirkan narasumber profesional dari Universitas BSI yakni Hanggoro Aji Al Kautsar dan Pas Mahyu Akhirianto.

Ketua program studi Teknik Elektro Universitas BSI, Suryanto mengatakan, bahwa narasumber membimbing peserta untuk merancang desain rangkaian elektronika running led dan seven segmen counter dengan komponen utamanya mikrokontroler serta beberapa rangkaian pendukung lainnya menggunakan aplikasi Proteus.

Baca juga: Prodi Elektro Universitas BSI Gelar Rapat UPA dan Workshop Proteus

Pelatihan desain rangkaian elektronika

Workshop ini sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dosen Teknik Elektro Universitas BSI dalam mengajar, membimbing tugas-tugas mahasiswa maupun dalam penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Suryanto, Rabu (23/6) lalu.

Dalam materinya, Hanggoro menyampaikan bahwa penggunaan perangkat lunak sebagai tools yang sering bahkan menjadi keharusan dalam kegiatan perancangan alat elektronika berbasis mikrokontroler.

“Pemilihan perangkat lunak proteus sebagai alat simulator, karena mudah untuk melakukan pemasangan dan penggunaannya serta banyaknya akses ke tutorial bebasnya di dunia maya,” pungkas Hanggoro.

Baca juga: Ini Cara Prodi Teknik Elektro Tingkatkan Kualitas Kurikulum

Sementara, Pas Mahyu mengatakan, terdapat beberapa hal pembaruan pada perangkat lunak proteus release#13, di mana untuk menu library mendominasi komponen-komponen elektronika tambahan berjenis SMD (Surface Mount Devices).

“Sehingga mempermudah dalam penggunaanya seperti rancang alat dengan segment display counter yang dirancang ini,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.