Lewat PPKM, Universitas BSI Ajak Calon Mahasiswa Ciptakan CV Menarik dan Teknik Pembuatan Presentasi

0 9

Jakarta, BSINews – Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, perlu mempunyai segudang talenta, hal ini yang membuat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar agenda Pelatihan Pakar Kreatifitas Mahasiswa (PPKM). PPKM dengan mengusung tema Create Your Interesting Presentation and Curriculum Vitae (CV), sukses dilaksanakan di Universitas BSI kampus Kramat 98, Sabtu (16/7) silam.

Hadir sebagai narasumber, Ricky Sastra menjelaskan teknik pembuatan presentasi dan CV yang menarik dengan memanfaatkan media canva. Menurutnya, presentasi yang efektif adalah mampu menarik antusias audiens agar selalu memperhatikan apa yang disampaikan.

Baca juga : Jadi Camaba Bukan Ingin Uji Mental, Tapi Siap Ikut PPKM Digital

“Tips cara membuat presentasi yang efektif adalah pilih gaya dan ukuran font yang dapat menarik audiens dari kejauhan. Hindari penggunaan font yang membuat audiens mengalami kesulitan membaca, dan jangan gunakan ukuran font yang kecil. Buatlah materi singkat, padat dan jelas namun memiliki keterbacaan yang tinggi sehingga tugas kita hanya menjelaskan secara verbal dan detail,” jelas Ricky dalam keterangan rilis, Selasa (2/8).

Pelatihan Pakar Kreatifitas Mahasiswa (PPKM)

Lanjutnya, untuk membuat presentasi yang efektif gunakan tampilan slide menarik dan konsisten, yang artinya memiliki latar belakang atau tema yang sama. Hal ini akan membuat audiens merasa nyaman sehingga mudah memahami presentasi yang ditampilkan. Terakhir, adalah memeriksa ejaan dan tata bahasa sesuai dengan kaidah kebahasan.

“Selain mengetahui teknik presentasi, kita juga harus tahu bagaimana cara membuat CV yang menarik. Untuk mempercepat proses seleksi, banyak perusahaan menerapkan ATS Friendly yang dapat membantu HRD untuk memilah job seeker yang paling sesuai dengan lowongan kerja,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Alfiya Nurwanda yang merupakan salah satu peserta mengatakan kegiatan PPKM ini sangat bermanfaat terutama untuk dirinya yang meupakan calon mahasiswa baru.

Baca juga : Universitas BSI Sukses Gelar PPKM Digital Untuk Camaba

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membekali kami yang merupakan calon mahasiswa baru Universitas BSI, agar nantinya ilmu yang diberikan dapat diterapkan dengan baik saat perkuliahan terutama saat mendapatkan tugas dari para dosen pengajar,” tutup Alfiya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.