Prodi RPL Universitas BSI Berikan Pelatihan Dasar Mobile Programming

0 23

Jakarta, BSINews – Dalam persiapan semester gasal 2022/2023, program studi (Prodi) Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan pelatihan dasar mobile programming kepada unit pengembangan akademik (UPA). Pelatihan ini dilakukan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kamis (1/9).

Pelatihan ini turut dihadiri oleh ketua prodi RPL Universitas BSI Ahmad Setiadi. Sedangkan sebagai tutor dalam pelatihan dasar mobile programming yaitu Wahyutama Fitri Hidayat yang merupakan dosen dari prodi RPL Universitas BSI.

Pelatihan dasar mobile programming

Dalam sambutannya, Setiadi mengatakan, pelatihan dasar mobile programming diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi dosen UPA prodi RPL Universitas BSI dalam mempersiapkan perkuliahan tahun ajaran 2022/2023. Palagi Universitas BSI dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif, maka hal ini dirasa perlu.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Gelar Persamaan Persepsi Mobile Programming

Sementara itu, Wahyutama menjelaskan mengenai pengenalan android. Menurutnya, android merupakan sebuah sistem operasi dan platform pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan Google yang diperuntukan untuk ponsel pintar dan perangkat seluler lain.

“Android dapat berfungsi dalam berbagai macam perangkat dengan kit development sebagai penulisan kode dan perakitan modul untuk membangun aplikasi bagi pengguna Android,” jelas Wahyutama, Kamis (1/9) lalu.

Ia juga memberikan tutor mengenai pemasangan software yang dibutuhkan guna pemrograman mobile. Hal pertama dibutuhkan yaitu android studio, untuk melakukan instalasi android studio, maka pertama sekali harus mengetahui bahasa pemograman yang digunakan.

“Salah satu bahasa yang bisa digunakan untuk mengembangkan android adalah java. Bahasa lain yang bisa digunakan seperti C/C++, Go, Kotlin. Untuk membuat program dengan bahasa pemograman java, maka perlu instalasi JDK dahulu.

Baca juga: Cetak Lulusan Kompeten, Prodi RPL Universitas BSI Selenggarakan Sertifikasi Analis Program

Ia menjelaskan, JDK sendiri adalah singkatan dari Java SE Development Kit. JDK merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kompilasi dari kode-kode java yang dibuat oleh pengembang aplikasi, kemudian menerjemahkannya ke dalam bytecode untuk dijalankan oleh JRE.

“Ada beberapa istilah dalam pemrograman mobile diantaranya yaitu activity, yang merupakan satu komponen yang berhubungan dengan pengguna. Activity menangani window (tampilan) mana yang akan ditampilkan ke dalam interface (antarmuka),” pungkasnya.

Lanjutnya, kemudian ada juga intent yang merupakan mekanisme untuk melakukan sebuah action dan komunikasi antar komponen aplikasi misal activity, services, dan broadcast receiver, dan masih banyak lagi istilah lainnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.