Pelatihan Pengolahan dan Visualisasi Data Keuangan

0 137

Bogor, BSINews — Dosen program studi (prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tingkatkan kemampuan SDM UMKM melalui kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema Pelatihan Pengolahan dan Visualisasi Data Keuangan, kegiatan ini ditujukan kepada anggota UMKM Tajur Halang, Bogor, Sabtu (3/9).

Baca juga : Belajar Isi Laporan Keuangan Melalui Workshop Intermediate Accounting

Hasanudin sebagai ketua pelaksana PM Universitas BSI menuturkan Visualisasi terhadap data sangat penting untuk menjelaskan suatu tujuan yang ingin dicapai. Data keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban proses bisnis yang berjalan juga hendaknya bisa divisualisasikan dalam bentuk gambar atau grafik sehingga mudah dipahami oleh pengguna informasi.

Pengolahan Visualisasi Data Keuangan

“Beberapa aplikasi mendukung visualisasi data dan yang mudah digunakan adalah Microsoft Excel karena memiliki fitur yang lengkap serta bisa dipelajari dengan cepat. Bekerja sama dengan mitra UMKM Tajur Halang, Bogor, kami mengajak anggota UMKM untuk meningkatkan kemampuan dalam pengolahan data keuangan,” ujar Hasanudin dalam keterangan rilis, Jumat (9/9).

Ia menambahkan, UMKM naik kelas merupakan jargon yang sering didengar di media massa maupun elektronik dengan semakin meningkatnya potensi UMKM menggerakkan perekonomian Indonesia. UMKM Tajurhalang merupakan UMKM yang memiliki anggota yang bergerak di berbagai bidang jasa, dagang dan manufaktur.

Baca juga : Sipdaga, Aplikasi Pengolahan Data Olahraga Ciptaan Mahasiswa Universitas BSI

“Diharapkan setelah pelatihan, UMKM dapat memiliki daya saiang dan dapat menarik modal melalui investor dengan membuat penyajian data yang menarik dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis. Setelah pelatihan, pelaku UMKM juga dapat melakukan konseling terkait pengolahan data keuangan yang efisien dan efektif kepada para tutor pembimbing,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.