Manfaat Public Speaking bagi Aspek Kehidupan

0 166

Tangerang, BSINews — Public speaking terdiri dari dua kata yaitu public yang berarti umum sedangkan speaking yang artinya berbicara, sehingga public speaking jika diartikan sebagai berbicara di depan umum.

Mengusung tema pelatihan Pelatihan Public Speaking Warga Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise, sejumlah dosen dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan pelatihan kepada Warga Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise, Serpong, Tangerang Selatan, pada Sabtu (24/9).

Dalam pengabdian masyarakat (PM) ini, kelompok dosen yang hadir antara lain Riastri Novianita, Cindya Yunita Pratiwi, Bobby Octavia Yuskar dan Amalia Trisna Fadilah serta beberapa mahasiswa yang terlibat, yakni Debby Andra Fortuna, Zahrah Muharom Emasya dan Wahyudin.

Baca juga : 4 Skill yang Dibutuhkan Oleh Public Relations

Riastri Novianita selaku ketua pelaksana  PM Universitas BSI menuturkan, public speaking sangatlah bermanfaat bagi segala aspek kehidupan.

“Karena dalam public speaking ini, kita dilatih untuk berbicara di depan umum dengan baik, bagaimana kita dapat menyampaikan pesan dengan tepat kepada orang banyak, karena dalam pekerjaan pun kita dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik misalnya ketika berpidato, atau ketika ditunjuk menjadi seorang MC, public speaking ini melatih kita untuk lebih percaya diri” tutur Riasri Novianita, dalam keterangan rilis, Rabu (28/9).

Manfaat Public Speaking

Senada, Bobby Octavia Yuskar selaku tutor mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, menerapkan public speaking yang efektif itu perlu memperhatikan beberapa point penting.

“Beberapa point penting yang perlu diperhatikan agar meningkatkan skill berbicara diantaranya belajar dari ahlinya, berbusanalah yang mengesankan, survey lokasi sebelum tampil, mendalami materi yang akan dibawakan, perhatikan konten, bahasa tubuh dan kepribadian, teruslah berlatih, berlatih dan
berlatih! terimalah umpan balik, mempersiapkan segala hal – hal tak terduga serta memperhatikan yang “boleh” dan “tidak boleh” dilakukan ketika public speaking,” jelas Bobby.

Baca juga : Siapkan Pembelajaran Berkualitas, Prodi Public Relation Gelar Rapat UPA

Ia juga menambahkan, bahwa manfaat lainnya mempelajari public speaking adalah meningkatkan kepercayaan diri seseorang untuk berbicara di depan umum, serta dapat menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar kepada orang lain dengan kata-kata yang tepat dan mudah dipahami. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.