Memahami Fase Penentuan Target Pasar

0 187

Jakarta, BSINews — Membangun sebuah bisnis membutuhkan produk/jasa yang memiliki ciri khas agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu diperlukan strategi pasar yang baik dalam pengembangan usaha.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif berperan penting dalam mendorong mahasiswa untuk kreatif dan inovatif dalam membangun bisnis. Sehingga mahasiswa dapat bekerja dengan perusahaan di berbagai sektor bisnis berdasarkan target pasar yang tepat.

Baca juga : Pahami Strategi Branding dan Marketing di Workshop BSC

Mahmud Syarif selaku kepala BSI Startup Center (BSC) Universitas BSI mengatakan bahwa target pasar sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis, sehingga dapat mengembangkan strategi pasar agar bisnis yang dijalankan berkembang pesat.

“Menentukan target pasar tidak semudah kedengarannya, karena pemasaran harus didasarkan pada data yang akurat. Sangat penting untuk memahami target pasar, sehingga pemula dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen,” ujar Mahmud dalam keterangan rilis, Senin (3/10).

Fase Penentuan Target Pasar

Menurutnya, generasi muda banyak memiliki pengaruh dalam membangun ekonomi kreatif. Sehingga perlu adanya sinergi untuk membimbing mahasiswa agar aktif dan bekerja sama sehingga bisa membangun ekonomi digital.

Berikut adalah fase penentuan target pasar sehingga produk/jasa akan diperhatikan oleh masyarakat umum, sehingga memudahkan dalam menentukan target pasar seiring dengan pentingnya berpikir secara holistik tentang strategi bisnis:

1. Pentingnya riset pasar

Riset pasar berpengaruh dalam membangun suatu bisnis, para pelaku bisnis melakukan riset untuk analisis dan data/informasi yang diperoleh digunakan sebagai masukan untuk menjalankan bisnis.

2.Analisis produk

Analisis produk yang akan diluncurkan, apakah produk tersebut merupakan produk yang dibutuhkan konsumen dan apakah produk tersebut menawarkan solusi atas suatu permasalahan yang dihadapi masyarakat.

3. Buat segmen pasar

Petakan target berdasarkan ciri, kebutuhan, atau perilaku untuk membantu bisnis mengidentifikasi kelompok konsumen ini dengan lebih baik. Segmen pasar memudahkan dalam mencari kebutuhan konsumen.

Baca juga : Pahami Cross Selling Dalam Bisnis

4.Berani bersaing

Lakukan analisis kompetitif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang lanskap persaingan pasar. Hindari menargetkan pelanggan yang sama jika Anda merasa memiliki keuntungan yang jauh lebih besar, terutama jika pasarnya sangat kecil dan pesaing Anda sudah terkenal. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.