Canva Untuk Digital Kreatif

0 54

Tangerang, BSINews – Dalam acara BSI Digination: Workshop dan Kunjungan Industri bertema ‘Opportunities in Creative Industry’ hadirkan pelatihan penggunaan Canva untuk digital kreatif. Ini selaras dengan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif.

Workshop yang berlangsung selama dua hari berturut-turut mulai 5 – 6 Oktober 2022 di Universitas BSI kampus BSD ini menghadirkan Syaifur Rahmatullah selaku CEO Kian Event Organizer. Menurut Syaifur, Kian ini memiliki kepanjangan Kreatif Industri Anak Nusantara.

Baca juga: BSI Digination Sebagai Bentuk Promosi Dunia Digital Kreatif Bagi Siswa Sekolah

Pelatihan Penggunaan Canva

“Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Canva, diantaranya simple dan lengkap untuk membuat desain digital atau cetak, fitur lengkap dan mudah digunakan, format hasil download beragam, hasil desain otomatis tersimpan pada web dan dapat dishare ke media sosial, dan terakhir sudah terdapat aplikasinya di smartphone,” paparnya.

Sedangkan, Canva juga memiliki kekurangan seperti tidak dapat mengakses Canva jika tidak ada koneksi internet, beberapa fitur harus di upgrade ke versi berbayar, dan desain mudah dikenali karena semakin banyak jumlah penggunanya.

Lanjutnya, Canva sendiri memiliki sekurang-kurangnya 10 fitur, yakni template, unggahan, foto, elemen, teks, audio, video, latar belakang, folder dan fitur lainnya.

Baca juga: Universitas BSI kampus BSD Siap Adakan Workshop & Kunjungan Industri BSI Digination

“Banyak sekali elemen dalam desain grafis, seperti garis, bidang, bentuk, ruang, tekstur, warna, dan tipografi. Untuk teori warna sendiri, dibagi menjadi 3 bagian antara lain, warna primer, warna sekunder dan warna tersier,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk tipografi, Syaifur memberikan sedikit tips yaitu jangan terlalu banyak memakai jenis font di dalam satu desain maksimal 3 jenis font, perhatikan hierarki, leading dan tracking font, jangan takut mengkombinasikan font, dan tentukan pesan yang akan disampaikan baru pilih jenis fontnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.