Creative Thinking Modal Utama Ciptakan Talenta Digital Kreatif

0 107

Tangerang, BSINews — Kebutuhan talenta digital kreatif untuk menjadi navigator dalam menggerakkan ekosistem digital, membuat Indonesia harus mampu menyiapkan generasi mudanya. Salah satu modal utama dalam menciptakan talenta digital kreatif adalah creative thinking.

Menurut Andriansah yang merupakan design creator dan dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), creative thinking merupakan pemikiran yang penuh dengan kreativitas agar dapat menciptakan sesuatu yang inovatif atau relatife berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga : BSI Digination Jadi Ajang Siswa Kenal Dunia Digital Kreatif

“Creative thinking adalah membuat sesuatu yang baru, mempertimbangkan banyak kemungkinan, mengandalkan intuisi, mencari inspirasi, dan menghasilkan banyak ide baru. Lalu bagaimana cara berpikir kreatif? Sebagai generasi muda kita harus bisa melatih creative thinking,” ujarnya dalam workshop BSI Digination dan Kunjungan Industri bertajuk ‘Oppurtinities in Creative Industry’, di Universitas BSI kampus Cimone, pada Kamis (13/10).

Mengusung tema Anything Can Be Something, Andriansah memaparkan cara berpikir kreatif adalah belajar dan memiliki banyak referensi, karena pengetahuan adalah bensin utama dalam berpikir kreatif.

Creative Thinking Modal Utama

“Kemampuan creative thinking dapat diekspresikan dalam beberapa cara, seperti Analytical yakni sebelum berpikir kreatif kita harus memiliki kemampuan untuk menganalisis terlebih dahulu. Open Minded yakni mengesampingkan asumsi dan melihat sesuatu dengan cara yang baru. Menghadapi masalah dengan cara open minded, akan memberikan kesempatan kepada anda untuk berpikir kreatif,” jelasnya.

Selain itu, manfaat kemampuan berpkir kreatif adalah problem solving, lanjutnya yakni saat menghadapi masalah, mempertimbangkan cara-cara yang dapat dilakukan sebelum meminta bantuan orang lain. Organization yang merupakan bagian penting dari kreativitas, karena ketika mencoba ide baru, anda perlu mengatur ide tersebut agar orang lain memahami visi anda.

Baca juga : BSI Digination Sebagai Bentuk Promosi Dunia Digital Kreatif Bagi Siswa Sekolah

“Komunikasi, orang lain akan menghargai ide atau solusi kreatif, jika kita mampu mengkomunikasikannya secara efektif, sehingga kita harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang kuat,” tutup Andriansah.

Kegiatan workshop dan kunjungan industri BSI Digination yang diusung oleh Digital Creative Center (DCC) atau Lab Alfa-1 dan Universitas BSI sukses meraih respon positif dari beberapa sekolah yang bekerja sama, SMK YP 1 Tangerang, SMK Global Mandiri, SMK Bhakti Mulya dan SMK PGRI 109 Tangerang. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.