Tingkatkan Kualitas Prodi Lewat Audit Mutu Internal

0 50

Jakarta, BSINews – Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) setiap tahun menyelenggarakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) sebagai standar kualitas prodi dan sudah memasuki siklus IV di tahun 2022 ini di lingkungan program studi (prodi).

Prodi Manajemen Universitas BSI sebagai salah satu unit kerja yang tiap tahunnya secara rutin melaksanakan evaluasi pencapaiannya. Dalam siklus IV, kegiatan AMI ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni sejak 11 – 13 Oktober 2022 secara daring melalui Zoom.

Auditor yang bertugas pada AMI siklus IV kali ini adalah yaitu Ita Suryani dan Eni Irfiani. Sedangkan yang menjadi pihak auditee, yakni ketua prodi Manajemen Universitas BSI Nurvi Oktiani.

Baca juga: Tingkatkan Mutu Prodi Kampus Melalui AMI

Auditor disiapkan oleh Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) yaitu Ibu Ita Suryani, S.Sos, M.IKom dan Ibu Eni Irfiani, M.Kom. Kegiatan ini dilakukan daring melalui zoom meeting dengan membahas 8 (delapan) standar Pendidikan.

Audit Mutu Internal Prodi

Kepala BPMA Universitas BSI, Lita Sari Marita mengatakan, AMI ini dilakukan sebagai langkah pengendalian mutu serta adanya peningkatan mutu setelah adanya tindak lanjut dari pimpinan. Tindak lanjut dari AMI merupakan bentuk nyata komitmen para pimpinan untuk peningkatan mutu di perguruan tinggi.

“Dalam AMI kali ini terdapat 8 standar mutu pendidikan yang akan dievaluasi dan ditanyakan untuk dipertanggungjawabkan kebenaran dokumen yang ada,” ujar Lita, Kamis (13/10).

Ia menjelaskan, untuk ke 8 standar yang dimaksud diantaranya standar proses pembelajaran, standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tendik, standar sarpras pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, standar pembiayaan pembelajaran.

Sementara itu, Ita selaku auditor menjelaskan bahwa siklus berikutnya diharapkan prodi Manajemen Universitas BSI berkomitmen untuk menindaklanjuti peningkatan yang direkomendasikan oleh auditor dan tindakan korektif atas temuan yang ada.

Baca juga:Tingkatkan Mutu Prodi SIA Kampus Surakarta Melalui Audit Mutu Internal

“Hasil kegiatan ini akan dibuatkan laporan oleh auditor dan diperiksa oleh Kepala BPMA Universitas BSI yang selanjutnya akan disampaikan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di akhir tahun kepada Rektor Universitas BSI,” pungkas Ita.

Nurvi dalam tanggapannya, mengatakan bahwa temuan ini akan menjadi catatan bagi prodi Manajemen Universitas BSI untuk segera melengkapi dan berkoordinasi dengan unit-unit terkait. Sebab kesuksesan program studi juga didukung oleh kerjasama dengan unit-unit terkait.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.