Lomba Musikalisasi Puisi dan Standup Comedy lahirkan Komika Serta Generasi Bangsa yang Kuat Bahasa

0 74

BSINews, Sukabumi — Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa indonesia berkerja sama dengan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi menyelanggarakan Lomba Musikalisasi Puisi dan Lomba Standup Comedy tingkat kabupaten Sukabumi,  dengan tema “Menyongsong masa depan bangsa dengan penguatan bahasa, sastra dan budaya”, pada Kamis (20/10).

Baca Juga: MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sukabumi Gelar Lomba Untuk Peringati Bulan Bahasa dan Sastra

Jujum Juaeni selaku staf ahli Bupati bidang SDM menjelaskan tentang uniknya lomba yang diadakan oleh MGMP. Sekolah SMK identik dengan kompetensi akan tetapi dengan diusungnya lomba musikalisasi puisi dan standup komedi menjadi sebuah terobosan baru.

“Kegiatan lomba yang yang dilaksanakan oleh MGMP yang bekerja sama dengan Universitas BSI memiliki hal yang unik. Hal ini tidak terlepas dari peran SMK yang diharapkan dapat menghasilkan komedian baru,”  kata Jujum, Senin (24/10).

Sementara itu, Nonong Winami Kepala Cabang Dinas Wilayah V Provinsi Jawa Barat memberikan  dukungan penuh untuk kegiatan-kegiatan positif seperti ini.

“Lomba musikalisasi puisi dan standup komedi tidak hanya memberikan arti budaya dan seni bagi anak-anak SMK khususnya kabupaten Sukabumi,  namun juga dapat  mengenal keterampilan dan pengetahuan dalam bidang bahasa,” jelasnya.

Di sisi lain Rektor Universitas BSI  yang diwakili oleh Jamal Maulana Hudin selaku Kepala Kampus Universitas BSI Kampus Sukabumi menyambut baik kegiatan lomba sebagai salah satu bentuk silaturahmi antar lembaga kampus dan sekolah.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Dengan mengikuti lomba ini tidak hanya bisa belajar menjadi komika namun juga menambah pengetahuan baru,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa  kegiatan ini di laksanakan di dua ruangan yaitu lomba musikalisasi puisi di aula dan lomba standup comedy di ruangan baca perpustakaan. Dalam acara tersebut hadir perwakilan dari 37 sekolah sekabupaten Sukabumi yang turut memeriahkan acara sebagai peserta lomba.

“Juara 1 lomba musikalisasi puisi di raih oleh SMKN 1 Surade, juara 2 diraih oleh SMKN Gunung Guruh kemudian juara 3 SMKN 1 Sagaranten. Selanjut Juara 1 standup comedy di raih oleh SMKN 1 Surade, juara 2 SMK Bhakti Kencana, Juara 3 SMK Plus Al-Farhan,” tandasnya.

Baca Juga: Universitas BSI Kampus Tasikmalaya lakukan mediasi dengan MGMP RPL Kota dan Kabupaten Tasikmalaya

Jamal berharap acara ini menjadi kegiatan dan agenda rutin MGMP serta menjadi batu loncatan bagi peserta untuk mengikuti kegiatan berikutnya pada tingkat provinsi.

“Semoga kedepannya acara serupa dapat terus dilaksanakan secara rutin sehingga dapat menambah pengalaman peserta lomba. Peserta lomba  dari para perwakilan sekolah sangat positif dalam mengikuti acara tersebut,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.