Ajarkan Anak Bijak Berselancar di Dunia Maya, Orang Tua Ikuti Pelatihan Penggunaan Internet

0 83

Jakarta, BSINews — Dalam era transformasi digital, orang tua memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan menuntun anak-anaknya agar bijak saat mengakses dunia maya. Disinilah, orang tua berperan penting untuk menyiapkan anak agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sosial dunia nyata maupun dunia maya. Orang tua harus dapat memantau dan menuntun anak-anak agar bijak berselancar lewat dunia digital.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pemanfaatan Internet Secara Aman Bagi Staff Yayasan Al Muhajirin Bogor

Memahami hal itu, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) pada Majelis Taklim Masjid Jami’ Al-Muttaqin, Jakarta Pusat, paada Sabtu (8/10) silam. Nurhasanah Halim selaku tutor PM Universitas BSI menjelaskan Pelatihan Penggunaan Internet bagi Orang Tua Mengajarkan Anak agar Bijak Berselancar di Dunia Maya.

Orang Tua Ikuti Pelatihan Penggunaan Internet

“Orang tua harus bisa memberikan semacam rambu-rambu, sehingga saat bermain game, bertutur kata atau bersosialisasi lewat gawainya bisa lebih bijak bahkan dampaknya bisa lebih
buruk lagi seperti Cyberbullying serta pornography. Anak juga harus diberikan pemahaman bahwa ia tidak boleh sembarangan mengungkapkan data-data pribadinya ataupun hal-hal bersifat private lainnya agar tidak menjadi korban pencurian data,” jelas Nurhasanah dalam keterangan rilis, Senin (31/10).

Menurutnya, pelatihan ini memberikan respon positif terutama penggunaan internet dalam kehidupan manusia, tanggung jawab mereka dalam menggunakan internet, resiko penggunaan internet dan install aplikasi parental control di hp anak-anak.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Beri Penyuluhan Tentang Internet Sehat

Menanggapi hal ini, Ustadz H. Achmad Sofyan selaku pengurus Masjid Jami’ Al-Muttaqin Jakarta mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang diberikan oleh dosen Universitas BSI ini.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan, menuntut ilmu juga salah satu bentuk ibadah yang dicintai Rosulullah apalagi konteksnya dapat bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.