Worskhop Pemanfaatan Google Form untuk Pengelolaan Data dan Kegiatan UMKM

0 42

Purwokerto, BSINews — Dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema workshop pemanfaatan google form untuk pengelolaan data dan kegiatan UMKM.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Aplikasi Excel

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI dengan Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Banyumas (ASPIKMAS), pada Sabtu (5/11) silam.

Chandra Kesuma selaku pemateri PM menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 22 pemilik usaha. Menurutnya, berdasarkan satudata.kemenkopukm.go.id total UMKM tahun 2010 hingga 2022 di Jawa Tengah berjumlah 19.581.

Pemanfaatan Google Form untuk Pengelolaan Data

“Dan hanya 16 % pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi digital (e-commerce), apalagi di masa ini, pelaku UMKM haru pintar dalam mengumpulkan data dan informasi, merapikan data bisnis, formulir kuisioner dan analisis respon hasil formulir yang ada pada google form,” jelas Chandra, dalam keterangan rilis, Senin (14/11).

Ia menambahkan, pelaku UMKM diharapkan mampu berorientasi untuk ekspor sehingga pelaku UMKM harus mampu bertransformasi dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital melalui marketplace.

Sementara itu, Siti Khotimah selaku owner dari Kopi Melung yang merupakan salah satu peserta PM mengatakan pelaksanaan workshop ini sangat mudah dipahami dan bermanfaat.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Kerja, LSP Universitas BSI Adakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Calon Asesor

“Cukup dengan menggunakan smartphone yang dimiliki sehingga pelaku usaha paham akan potensi yang ada dan bagaimana cara mengoptimalkanya, semoga kerjasama ini bisa terus dijaga sehingga dimasa yang akan datang kegiatan semacam ini bisa kembali diadakan,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.