Tingkatkan Keterampilan Pelaku UMKM Lewat Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Bukukas

0 25

Purwokerto, BSINews — Melesatnya kemajuan ekonomi di Indonesia, membuat banyak pelaku UMKM bertambah tiap tahunnya. Namun, meningkatnya pelaku UMKM belum dibarengi dengan pentingnya pengelolaan keuangan usaha yang akan dilakukannya.

Baca juga : Worskhop Pemanfaatan Google Form untuk Pengelolaan Data dan Kegiatan UMKM

Memahami hal ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dengan tema pelatihan pemanfaatan aplikasi buku kas, yang ditujukan pada ASPIKMAS (Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Banyumas), pada Sabtu (12/11) silam.

Yustina Misella Kristania selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI menuturkan bahwa PM ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang pengelolaan keuangan, serta pencatatan keuangan yang benar.

Pemanfaatan Aplikasi Buku Kas

“Belum adanya kesadaran pelaku UMKM dalam pengelolaan keuangan membuat kami mengadakan PM ini agar para pelaku UMKM memiliki wawasan dalam pengelolaan keuangan dan pencatatan keuangan,” ujar Yustina dalam keterangan rilis, Selasa (15/11).

Materi yang diberikan yakni berupa pelatihan seputar akuntansi dasar yaitu Buku Kas. Melalui kegiatan ini, lanjutnya dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM ASPIKMAS.

Baca juga : Pelatihan Power Point dalam Pembuatan Presentasi Laporan Keuangan

“Dan kedepannya semua kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pelaku UMKM di ASPIKMAS dapat dikontrol dengan menggunakan aplikasi bukukas. Sehingga masalah keuangan dapat diselesaikan dengan cepat dan praktis,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.