Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Public Relations Gelar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi

0 177

Jakarta, BSINews –Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa, program studi (prodi) Public Relations (Hubungan Masyarakat) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pembekalan sertifikasi kompetensi skema bidang public relations officer. Kegiatan ini digelar pada Rabu (16/11) silam.

Baca juga : Prodi Public Relation Gelar Webinar Trend Marketing Public Relations yang Viral

Firmansyah selaku ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Ita Suryani selaku ketua prodi (Kaprodi) Public Relations Universitas BSI, hadir sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, Firmansyah mengatakan dalam pembekalan ini akan dijelaskan mengenai pra assesment, berkas apa saja yang harus disiapkan untuk upload dokumen hingga dokumen fisik.

“Pembekalan sertifikasi kompetensi merupakan salah satu ambang awal menuju proses sertifikasi, dimana semua kelayakan dari calon yang akan disertifikasi harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh LSP yang mengadakan sertifikasi,” ujar Firmansyah dalam rilis yang diterima, Senin (21/11).

Public Relations Gelar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi

Menurutnya, sertifikasi ini merupakan syarat penting bagi mahasiswa sebelum melamar pekerjaan di perusahaan tertentu. Hal ini dikarenakan sertifikat ini dapat menjadi bukti bahwa mahasiswa memiliki kemampuan/kompeten dalam bidang yang dibutuhkan.

“Sehingga sertifikat kompetensi memiliki cukup banyak manfaat bagi mahasiswa maupun bagi perusahaan yang akan merekrut mereka sebagai karyawan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ita Suryani menambahkan bahwa dengan adanya pembekalan uji kompetensi ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kompetensi di bidang public relations officer dan sudah pasti memiliki sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah guna bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

Baca juga : Siapkan Pembelajaran Berkualitas, Prodi Public Relation Gelar Rapat UPA

“Terpenting tujuan diadakannya kegiatan sertifikasi kompetensi adalah untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri,” ungkap Ita.

Ia menambahkan, ketika mahasiswa sudah terjun kedunia kerja atau ingin melamar menjadi seorang Public Relations perusahaan maka sudah tentu penilaian akan lebih maksimal jika memiliki sertifikat kompetensi di bidang  public relations officer.Terlebih sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) serta memenuhi kebutuhan organisasi atau institusi yang bersangkutan. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.