Membentuk Skill Profesionalisme Public Relations

0 133

Jakarta, BSINews — Program studi (prodi) Public Relations (Hubungan Masyarakat) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar workshop bertajuk ‘Profesionalisme Public Relations’. Menghadirkan dua narasumber handal, yakni Friza Marrianty dan Muhammad Akbar Priandanu selaku Corporate Communication PR Indonesia. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Jumat (18/11) silam.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Public Relations Gelar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi

Ita Suryani selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Public Relations Universitas BSI dalam sambutannya mengatakan sebagai salah satu tombak perusahaan, maka seorang public relations harus memiliki kemampuan untuk mengasah profesionalisme guna mempertahankan reputasi perusahaan.

“Dengan adanya webinar kali ini diharapkan dapat meningkatkan skill mahasiswa untuk menjadi seorang Public Relations handal di masa depan,” ujar Ita dalam rilis yang diterima, Kamis (24/11).

Membentuk Skill Profesionalisme

Sementara itu, Friza menjelaskan bahwa PR Indonesia merupakan sebuah entitas media yang hadir dalam format cetak, digital (web), dan e-magazine yang diterbitkan melalui badan usaha PT Media Piar Indonesia. PR Indonesia mengadakan berbagai kegiatan bagi penguatan kompetensi praktisi Humas/Public Relations (PR) di Indonesia, yaitu training (workshop), forum komunitas PR, konferensi, dan awarding.

“Salah satu pencapaian manajemen kehumasan adalah reputasi perusahaan, dimana reputasi perusahaan didapatkan dari rencana strategis yang panjang diantaranya melalui kinerja perusahaan yang baik dan komunikasi atau publisitas. Ketika reputasi perusahaan baik/positif maka akan menjadi magnet kuat yang menarik dukungan para pemangku kepentingan,”jelas Friza.

Senada, Akbar juga menambahkan, bahwa terdapat 10 kompetensi PR profesional antara lain knowledges, writing skills, public speaking, adaptive, tech savvy, good attitude, networking, leadership, grooming dan critical thinking.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Public Relations Gelar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi

“Kompetensi PR di era digital antara lain menguasai teknologi digital, data analitik (SEO, AI, AR), kemampuan visual (video/photography,desain), menulis & public speaking, keterampilan manajemen dan leadership, keterampilan kewirausahaa, kreatif, inovatif, kolaboratif, dan beretika, keahlian di bidang pemasaran dan periklanan, memiliki manajemen keuangan yang baik dan memiliki pengetahuan tentang sistem hukum,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.