Pelatihan Pembuatan Konten dan Editing Video

0 79

Tasikmalaya, BSINews — Di era transformasi digital ini, video pendek menjadi trend yang sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Video yang di upload tersebut diketahui memiliki engagement yang lebih tinggi ketimbang foto. Sehingga hal ini, banyak membuat orang-orang lebih sering memilih upload video pendek sebagai sarana promosi bisnis maupun sharing seputar kegiatan organisasi.

Baca juga : Dosen Sastra Inggris Universitas BSI Beri Pelatihan English Business Correspondence Pada Pelaku UMKM

Memahami hal itu, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema pelatihan pembuatan konten serta editing video menggunakan aplikasi Kine Master, kegiatan ini ditujukan pada karang taruna Desa Cijulang, Tasikmalaya, pada Sabtu (19/11) silam.

Yanti Apriyani selaku tutor menjelaskan terkait macam-macam konten, perbedaan dari masing-masing jenis konten, cara membuat konten yang menarik, etika yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten serta aturan lain seperti media publikasi apa yang akan dituju.

Pembuatan Konten dan Editing Video

“Dalam membuat sebuah konten, kita harus memahami tujuan pembuatan konten untuk menentuka jenis dari konten yang akan dibuat, selain itu juga harus memperhatikan etika pembuatan konten serta media mana yang akan menjadi tujuan publikasi dari konten yang telah dibuat,” ujar Yanti dalam keterangan rilis, Kamis (24/11).

Setelah menyampaikan beberapa hal dasar yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten, Yanti melanjutkan materi dengan melakukan praktik langsung dalam pembuatan konten berupa video singkat dengan menggunakan aplikasi Kine Master.

Diawali dengan melakukan instalasi, kegiatan pelatihan terus berjalan hingga semua peserta berhasil memproduksi sebuah konten berupa video singkat yang menarik karena telah dilakukan editing dengan memanfaatkan fasilitas dari aplikasi Kine Master.

Sementara itu, menanggapi kegiatan ini Agus salah satu peserta PM mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

Baca juga : Tim PJJ E-Learning Universitas BSI Berikan Pelatihan E-Learning pada SMK Berbasis Industri 4.0

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami karena dengan ini kemampuan kami dalam membuat konten dan editing video menjadi lebih baik lagi sehingga kedepannya jika kami perlu melakukan pembuatan video untuk publikasi kegiatan karang taruna, kami tidak kesulitan untuk membuat video yang menarik,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.