UMKM Desa Bojongsawah Antusias Ikuti Pelatihan Fotografi dan Editing Foto Produk

0 23

Sukabumi, BSINews — UMKM merupakan salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Jumlah UMKM khususnya di Indonesia terus mengalami peningkatan, oleh karena itu para pelaku UMKM dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang up to date.

Perkembangan pemasaran di era digital mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama terkait alat pemasaran yang digunakan salah satunya penggunaan media online dengan menampilkan fotografi produk yang menarik.

Baca juga : Pelatihan Desain Grafis untuk Kemasan Produk

Adanya hal tersebut, membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Fotografi dan Desain Produk Menggunakan Smartphone untuk Meningkatkan Gambar Digital Produk UMKM Desa Bojongsawah, pada Sabtu (12/11) silam.

Bertempat di aula Desa Bojongsawah, kecamatan kebon pedes, kabupaten Sukabumi, Rizal Amegia Saputra selaku narasumber PM menjelaskan mengenai perkembangan era digitalisasi  dari segala bidang sekaaligus peran pentingnya teknologi dalam membantu kegiatan sehari-hari.

Pelatihan Fotografi dan Editing Foto Produk

“Visual dalam dunia online memiliki peranan penting yang mendorong atau menarik minat konsumen. Pelatihan dengan durasi 4 jam tersebut, membahas tentang teknik foto produk menggunakan smartphone dengan bantuan aplikasi open camera, serta tahap editing foto dengan aplikasi snapseed,” jelas Rizal dalam keterangan rilis, Senin (28/11).

Ia menambahkan, yang dibutuhkan saat akan melakukan foto produk adalah smartphone tentunya, kardus sebagai lata studio mini dan lighting jika pengambilan gambar dilakukan di dalam ruangan. Selain itu, sebagai pendukung perlu 2 aplikasi yang bisa di download di playstore, yaitu: open camera dan snapseed.

Sementara itu, Aci Samiati selaku Camat Kebon Pedes mengungkapkan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pelatihan fotografi dan editing foto untuk pelaku usaha UMKM. Ia juga berharap kegiatan ini merambah ke desa-desa lain yang ada di kecamatan Kebon Pedes, sehingga peningkatan skill dapat dilakukan secara merata.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus dilakukan, terlebih terlebih tema yang diangkat adalah solusi dari permasalahan yang memang sering di hadapi oleh Ibu-ibu PKK dan para pelaku UMKM. Saya berharap, pelatihan ini tidak hanya dilakukan di Desa Bojongsawah saja, tapi juga bisa merambah ke Desa-desa yang lain yang ada di Kebon Pedes sebagai upaya peningkatan inovasi, mutu dan kualitas produk UMKM,” ungkap Aci.

Baca juga : Pelatihan Pembuatan Konten dan Editing Video

Senada, Mahfud Faisal selaku Kepala Desa Bojongsawah menghaturkan terima kasih kepada panitia kegiatan pengabdian masyarakat, yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dengan ibu-ibu PKK dan para pelaku UMKM di Desa Bojongsawah.

“Saya berterima kasih, kepada panitia khususnya yang sudah berkenan berbagi ilmu melalui pelatihan ini, yang InsyaAllah akan sangat bermanfaat sekali bagi peserta, terlebih untuk meningkatkan potensi, kemampuan dan skill dalam mempromosikan produk UMKM lokal,” tutup Faisal. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.