Komitmen Kelola Sampah, Universitas BSI Jalin Kerjasama dengan PT Wahana Anugerah Energi dan Baitulmaal Muamalat

0 24

Yogyakarta, BSINews — Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tak hanya berfokus pada lingkup pendidikan, melainkan demi menjaga kestabilan lingkungan di bumi, Universitas BSI turut berperan serta dalam pengelolaan sampah.

Komitmen dalam pengelolaan sampah, dibuktikan dalam kerja sama yang dilakukan oleh Universitas BSI kampus Yogyakarta dengan PT Wahana Anugerah Energi dan Baitulmaal Muamalat. Perjanjian kerjasama ini berhasil di tanda tangani pada Selasa (22/11) silam.

Baca juga : Sambut Mahasiswa Baru, Universitas BSI Kampus Yogyakarta Sukses Gelar Ormik

Erlangga Brahmanto selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Yogyakarta mengungkapkan bahwa permasalahan sampah di Indonesia menjadi topik yang tak akan pernah habis untuk dibahas. Kurangnya kesadaran masyarakat dan tantangan bagi Indonesia dalam pengelolaan sampah, membuat sampah menjadi dampak buruk yang merusak lingkungan.

“Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah, sehingga sampah yang ada di lingkungan kampus Universitas BSI dapat tersalurkan dengan baik dan tidak menimbulkan permasalahan yang lain,” ujar Erlangga dalam keterangan rilis, Selasa (29/11).

Komitmen Kelola Sampah

Sementara itu, Marta Yenni Anggraheni Kusumasari selaku Business Development PT Wahana Anugerah Energi, menjelaskan bahwa sampah merupakan isu yang selalu muncul di kalangan masyarakat salah satunya masyarakat Yogyakarta. Menurutnya, beberapa bulan lalu, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Piyungan sempat ditutup dikarenakan warga sekitar berdemontrasi menuntut agar pemerintah menutup TPST (tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Piyungan secara permanen.

“Dampak dari penutupan sementara TPST tersebut, banyak ditemukan tumpukan sampah yang tak terbendung. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengatasi permasalahan sampah, hanya saja masih banyak masyarakat yang belum teredukasi dalam hal pengelolaan sampah,” jelas Marta.

Senada, Sari Triastuti selaku business development Baitulmaal Muamalat (BMM) menambahkan bahwa melalui kerjasama ini pengelolaan sampah yang ada di Universitas BSI kampus Yogyakarta, nantinya akan disalurkan ke Rapel yang merupakan aplikasi jual beli sampah dan selanjutnya ikut dalam program BMM yakni sedekah sampah.

Baca juga : PLTI Yogyakarta Lakukan Visitasi ke Lembaga Bahasa Universitas BSI

“Bergabungnya Universitas BSI kampus Yogyakarta dalam program sedekah sampah ini, menjadi bagian dari kepedulian Universitas BSI kampus Yogyakarta terhadap lingkungan hidup dan masyarakat kurang mampu,” tutup Sari. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.