5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kuliah di Karawang

0 350

Karawang, BSINews – Karawang merupakan Kota Pelajar yang memiliki ribuan mahasiswa, baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Kuliah di Karawang juga menjadi impian bagi sebagian kalangan anak muda. Ekspektasi akan biaya hidup yang murah, fasilitas yang lengkap, hingga jenis jajanan yang bervariasi.

Hal itu membuat banyaknya mahasiswa baru menimba ilmu di Karawang. Belum lagi media sosial yang terus mempromosikan makanan yang murah dan peluang serta kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan setelah selesai kuliah.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhartikan ketika kuliah di Karawang

1. Buat Perencanaan Keuangan

Hal pertama yang harus mahasiswa baru lakukan adalah mengetahui biaya pendaftaran, lalu memastikan berapa uang per semester dan perincian sesuai biaya kebutuhan. Tetapkan maksimal pengeluaran dari masing-masing kebutuhan jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk dana darurat. Dana darurat berguna untuk pengeluaran tak terduga, terlebih mahasiswa baru banyak iuran tugas kelompok.

Baca juga: Dukung Atlet Indonesia, Universitas BSI Teken MoU dengan KONI Karawang

2. Belilah Makanan yang Menyehatkan Tubuh dan Bergizi Tinggi

Jangan tergiur dengan promo aplikasi penyedia makanan, walaupun secara logika murah. Namun, mahasiswa dapat menekan biaya lebih dengan memasak sendiri.

3. Pilih Kost Sesuai Budget

Karawang menyediakan banyak pilihan kost, mulai dari yang eksklusif hingga kost sederhana. Sedikit tips, pilihlah tempat kost dengan memperhatikan jarak biaya dan energi yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi kampus. sebaiknya memilih lokasi yang tidak terlalu dekat dengan kampus karena biaya kostnya mahal, tetapi jangan lupa tidak terlalu jauh juga dari kampus sehingga dapat menekan biaya transportasi.

Baca juga: Siapkan Alumni Bertalenta Digital, Universitas BSI Kampus Karawang Gelar BKOT

4. Kurangi Nongkrong yang tidak perlu

Walaupun banyak cafe di Karawang, namun hal tersebut tak bisa jadi alasan. Semakin sering keluar, maka semakin besar keinginan untuk ngemil diluar perencanaan keuangan. Lebih baik menghabiskan waktu di perpustakaan untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu yang sedang dipelajari

5. Mencatat Pengeluaran Secara Rutin

Mahasiswa harus mencatat secara konsisten setiap pengeluaran setiap bulannya untuk memudahkan kontroling terkait kebutuhan sobat untuk berbagai jenis kebutuhan.

Menurut Kepala Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang, Muhamad Tabrani mengatakan, bagi yang bingung mencari kampus terbaik di Karawang atau sedang mencari referensi sesuai 5 tips di atas.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Karawang Tingkatkan Kualitas Pengajaran

“Universitas BSI kampus Karawang atau Universitas BSI kampus Cikampek bisa menjadi pilihan dengan berbagai keunggulan di antaranya biaya kuliah terjangkau semua kalangan, salah satu kampus swasta ternama dan terbesar di Indonesia,” tutur Tabrani, Jumat (2/12).

Selain itu, memiliki kurikulum up to date, fasilitas kampus modern, ruang kelas yang nyaman, memiliki program beasiswa unggulan, dan ulusannya banyak dicari oleh perusahaan. Info lebih lanjut bisa cek di link berikut bsi.today/karawang dan bsi.today/cikampek.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.