Pelatihan Menjaga Kualitas Pelayanan Prima di Museum dan Destinasi Wisata

0 19

BSINews, Jakarta – Dosen dari Fakultas Komunikasi & Bahasa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah sukses menggelar pelatihan menjaga kualitas pelayanan. Pelatihan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat (PM) yang merupakan agenda rutin dosen Universitas BSI setiap semesternya.

PM dari dosen Universitas BSI kali ini telah sukses dilaksanakan secara daring atau online pada Sabtu (10/12) kemarin. Bertemakan “Menjaga Kualitas Pelayanan Prima di Museum dan Destinasi Wisata”, PM ini bekerja sama dengan Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI).

Baca Juga : Pelatihan Pembuatan Surat Menggunakan Fasilitas Mail Merge

Pelatihan menjaga kualitas pelayanan bersama IPMI

PM kali ini beranggotakan empat dosen Universitas BSI yang terdiri dari Agung Rahajo, Fajar Muharan, Tuty Mutiah dan Marlina Rami Shinta. Selain itu, terdapat salah satu perwakilan dari mahasiswa Fakultas Komunikasi & Bahasa, Universitas BSI yakni Regina Supriyanti.

Agung Raharjo selaku ketua PM mengungkapkan, pelayanan prima telah menjadi parameter kepuasan pelanggan pada sebuah lembaga usaha atau lembaga lainnya. Selain itu, dapat juga dijadikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari sebuah lembaga tersebut dan menjadikannya sebagai standar operasional sehari-hari.

“Pelayanan prima yang memuaskan pelanggan. Namun, pelayanan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan saja. Akan tetapi pelayanan juga dapat melampauinya secara terkontrol dan berkesinambungan. Jadi, sasarannya tidak lagi kepuasan, tetapi loyalitas pelanggan,” ungkap Agung.

Namun, di samping itu masih terdapat lembaga usaha yang sulit untuk memiliki standar tersebut. Kendalanya pun bervariasi, salah satunya dari keterbatasan pengetahuan terkait pelayanan prima, khususnya dalam layanan wisata dan museum di Indonesia.

Untuk itu, dosen Universitas BSI ini melakukan pelatihan menjaga kualitas pelayanan prima untuk museum dan destinasi wisata. Pelatihan ini juga menjadi bagian strategi komunikasi anggota IPMI dalam menerapkan layanan prima ketika berhadapan dengan pengunjung yang datang.

Pada kesempatan yang sama Fajar Muharam sebagai tutor dalam kegiatan pelatihan menjaga kualitas pelayanan ini, membagikan berbagai teknik dalam menangani pengunjung.

“Pastikan kita dapat informasi terkait permasalahan tersebut, Ajukan beberapa pertanyaan, Jangan berdebat, Jangan menuduh seseorang namun berikan solusinya. Berikan umpan balik yang tulus,” papar Fajar.

Baca Juga : Dosen BSI Berikan Pelatihan Pembuatan Proposal Kepada PKK Kelurahan Ciwaringin

Di samping itu, Yulianti Fajar selaku Wakil Ketua IPMI ikut hadir dalam pelatihan ini. Ia ikut mengapresiasi kegiatan pelatihan ini sebagai bekal bagi para anggotanya dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya yang masih berusia remaja.

“Kami mengapresiasi acara ini, terima kasih telah mau berbagi bersama IPMI semoga ini bisa menjadi bekal bagi para anggota dalam melayani pengunjung,” terangnya.

Di akhir sesi Agung berharap kegiatan pelatihan menjaga kualitas pelayanan ini dapat meningkatkan kemampuan anggota IPMI dalam SOP pelayanan, etika pelayanan dan kemampuan komunikasi yang baik.(DIM)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.