Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi Cegah, Tangkal Berita Hoax dan Penipuan Daring

0 61

Pontianak, BSINews — Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sukses melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, dengan tema Cegah dan Tangkal Berita Hoax dan Penipuan Daring, yang ditujukan pada Masyarakat Desa Sengkubang, Kabupaten Mempawah, pada Sabtu (10/12/2022).

Baca juga : Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial Terhadap Keamanan Informasi Era Digital

Tim dosen yang terdiri dari Yoki Firmansyah, Yeni, Deasy, Eko dan Ainun ini terjun langsung ke lokasi dan memberikan materi secara langsung kepada warga. Yoki selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI kampus Pontianak mengatakan bahwa saat ini merupakan tahun politik dimana akan banyak sekali orang orang jahat yang memproduksi berita hoax untuk memecah belah bangsa, dan membuat kehidupan kita menjadi tidak tenang.

Cegah, Tangkal Hoax dan Penipuan Daring

“Selain itu adapula berita hoax yang terkait kesehatan dan lain lain, untuk itu masyarakat harus waspada akan berita hoax ini, agar tidak menjadi korban masyarakat desa Sengkubang harus paham ciri-ciri berita hoax, dan tidak asal sembarangan share berita supaya berita hoax tidak menyebar lebih luas,” jelas Yoki dalam keterangan rilis, Rabu (14/12/2022).

Ia menambahkan, Berita hoax atau yang biasa dikenal dengan berita palsu merupakan berita yang sengaja dibuat untuk
membuat masyarakat resah, begitu juga dengan penipuan yang dilakukan secara daring beberapa tahun terakhir sangatlah meresahkan masyarakat.

Baca juga : Belajar Laporan Keuangan dengan Workshop dan Test Intermediate Accounting

“Diantara banyaknya korban berita hoax dan penipuan daring terdapat lingkaran orang tua dan ibu ibu, data menunjukan bahwa kalangan orang tua dan ibu ibu merupakan kalangan yang paling rentan terpapar berita palsu atau hoax, selain itu kalangan ini juga paling rentan menjadi korban penipuan yang dilakukan secara daring,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.