Belajar Laporan Keuangan dengan Workshop dan Test Intermediate Accounting

0 26

BSINews, Jakarta —Sebagai upaya untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa serta sebagai wadah untuk menjembatani mahasiswa ke dunia kerja, Program Studi (prodi) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah sukses menyelenggarakan workshop dan test Intermediate Accounting.

Baca Juga: Mengenal dan Memahami Cost Accounting

Acara ini berlangsung secara offline di ruang kelas 508 di Universitas BSI Gedung rektorat kramat 98, pada Selasa (22/11).  Hadir sebagai narasumber dari Unit Pengambangan Akadmik Prodi Akuntansi Universitas BSI yaitu Dedi Suharyadi.

 

Dedi dalam materinya menjelaskan, pada dasarnya Intermediate Account­ing (Akuntansi Menengah) merupakan pengetahuan yang menjembatani antara pengetahuan tentang Elementary Accounting (Pengantar Akuntansi) dengan Advance Accounting (Akuntansi Lanjutan).

 

“Dengan demikian Intermediate Accounting (Akuntansi Menengah) mempunyai kedudukan yang sangat sentral bagi ilmu pengetahuan Akuntansi secara keseluruhan. Materi ini membahas secara panjang lebar tentang elemen-elemen Aktiva dan elemen-elemen Pasiva beserta segala problematikanya, sehingga diharapkan benar-benar mampu berperan sebagai jangkar penghubung untuk memahami ilmu Akuntansi secara utuh,” papar  Dedi, Selasa, (22/11).

 

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa/i tentang akuntansi keuangan menengah pada perusahaan baik perusahaan jasa maupun manfaktur. Selain memberikan pemahaman tentang siklus akuntansi keuangan, mahasiswa juga mendapatkan test sebagai tolak ukur kemampuannya dalam memahami akuntansi keuangan, artinya kegiatan ini menjadi gambaran bagi mahasiswa yang bersangkutan terkait dengan ilmun akuntansi yang dikuasai dan penerapannya nanti didunia kerja pada posisi accountig.

 

“Pada kesempatan kali ini kita berfokus pada perhitungan kas dan setara kas, rekonsiliasi bank, piutang dagang, piutang wesel, persediaan, aktiva tetap, dan modal saham, ” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua program studi akuntansi Universitas BSI Atri Nodi Maiza Putra yang sekaligus sebagai moderator mengatakan, workshop dan test intermediate accounting  seperti ini memang sudah menjadi agenda rutin tiap semester prodi Akuntansi Universitas BSI, tidak terkecuali juga kegiatan sertifikasi kompetensi. Selain menambah ilmu dan wawasan mahasiswa, kegiatan ini juga menjadi acuan/tolak ukur bagi mahasiswa terhadap kemapuan yang dimiliki tentang akuntansi keuangan.

 

“Bagi seluruh peserta workshop, silakan ambil manfaat sebanyak-banyaknya, dari narasumber yang kami hadirkan. Jadikan kegiatan ini sebagai bentuk investasi untuk masa depan dan menjadi tolak ukur bagi kemampuan yang kita miliki,” ujar Atri.

Baca Juga:Prodi Akuntansi Universitas BSI Gelar Workshop dan Test Basic Accounting

Menurutnya, laporan keuangan suatu perusahaan dapat dikatakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pimpinan perusahaan yang berupa ikhtisar keuangan. Laporan keuangan ini disusun oleh manajemen perusahaan sebagai alat komunikasi yang dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan internal dan eksternal perusahaan.

 

“Saya berharap, semoga ilmu yang diberikan dapat diterima oleh seluruh peserta yang hadir di workshop ini dan menjadi manfaat bagi mahasiswa/i kedepan dalam aplikasi didunia kerja,” pungkas Atri, Selasa (22/11).(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.