Cyber University Lakukan Benchmarking dengan LPPM Universitas BSI

0 162

Jakarta, BSINews – Penerbitan artikel ilmiah (jurnal) semakin dibutukan dalam proses peningkatan suatu institusi pendidikan. Berangkat dari hal tersebut, Universitas Siber Indonesia atau lebih dikenal dengan Cyber University melakukan benchmarking dengan LPPM Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Rabu (8/2/2023).

Pada era digitalisasi seperti saat ini, memahami pengelolaan Open Journal System (OJS) menjadi salah satu tahap yang penting bagi para editor jurnal dalam melakukan pengelolaan jurnal berbasis online. Dimulai dari proses seleksi naskah, penyuntingan, penelaahan bahkan sampai penerbitan dilakukan via OJS.

Baca juga: LPPM Universitas BSI Gelar Workshop Strategi Mencapai Jurnal Ilmiah Terakreditasi Sinta 2

LPPM Universitas BSI

Taufik Baidawi selaku ketua LPPM Universitas BSI mengatakan bahwa Universitas BSI saat ini telah memiliki 46 Jurnal yang dikelola dengan jumlah jurnal yang telah ter-Sinta 3 ada 2 jurnal, Sinta 4 berjumlah 15 jurnal, Sinta 5 berjumlah 5 jurnal, dan sisanya masih berproses pengajuan akreditasi.

“Segala proses yang dilakukan dalam proses pengelolaan hingga sampai terakreditasi bukanlah proses instan. Dimulai dari pengelolaan yang tertib dan sesuai aturan OJS selama 2 tahun, pengajuan akreditasi, hingga terbit surat keterangan akreditasi,” tutur Taufik, Rabu (8/2/2023).

Lanjutnya, dalam pengelolaan jurnal di Universitas BSI telah memiliki sistem yang terkoordinasi dengan baik dimulai dari kesiapan editor, reviewer, penyunting, serta pengelola website OJS.

“Setiap bagian memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga pengelolaan 46 jurnal terlaksana dengan baik,”

Disisi lain, Agus Junaidi selaku tim jurnal LPPM Universitas BSI berharap setiap jurnal yang akan dibuat harus bisa konsisten dan teratur dalam pengelolaannya apabila ingin mencapai akreditasi.

Baca juga: Audit Mutu Internal LPPM Universitas BSI Tingkatkan Kualitas Pengabdian Masyarakat

Sementara itu, Rektor Cyber University Gunawan Witjaksono menyampaikan harapannya agar pertemuan ini menjadi sarana berbagi ilmu, pengalaman dan arahan bagi para pengelola jurnal di Universitas BSI dan pengelola jurnal di Cyber University.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.