Dukung World Class University, Pustakawan Universitas BSI Ikuti Seminar Nasional Perpustakaan

0 53

Jakarta, BSINews — Pustakawan Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil menghadiri seminar dan musyawarah wilayah yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) DKI Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Tarumanegara, pada Selasa (14/2/2023), dan dihadiri oleh 95 orang perwakilan perpustakaan perguruan tinggi yang tergabung dalam anggota FPPTI DKI Jakarta, termasuk Universitas BSI.
Baca juga : Pustakawan Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Hadiri Musyawarah Wilayah FPPTI DKI Jakarta
Novita Indriyani selaku Staf Warek Bidang Non Akademik, Ria Indriani dan Rahidzat selaku Pustakawan Universitas BSI menghadiri kegiatan tersebut. Dipandu oleh Ketua FPPTI DKI Jakarta, Irma Irawati Ibrahim, seminar ini menghadirkan 3 pembicara hebat, yakni Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani selaku Kepala LLDIKTI Wilayah 3 DKI Jakarta Dr. Dra. Luki Wijayanti selaku Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia, serta Lely Hiryanto selaku Dosen Universitas Tarumanegara.

Dalam pemaparannya, Paristiyanti Nurwardani menjelaskan perlu adanya kerjasama antara perpustakaan dengan universitas untuk menjadi pusat penelitian guna mencapai world class university.

Pustakawan Universitas BSI Ikuti Seminar Nasional Perpustakaan

“Salah satu inovasi perpustakaan dalam mempercepat pencapaian world class university adalah dengan mendukung kampus merdeka dalam memberikan layanan prima salah satunya meningkatkan pelayanan perpustakaan baik secara langsung maupun tidak langsung serta menjadikan perpustakaan sebagai pusat penelitian universitas. Perpustakaan berkolaborasi dengan universitas dalam memberikan data-data yang diperlukan untuk mendukung universitas mencapai standartnya,” papar Paristiyanti dalam rilis yang diterima, Selasa (21/2/2023).

Sementara itu, Luki Wijayanti menyampaikan bahwa pustakawan berperan dalam proyek penelitian dosen serta menjadi mitra dalam penelitian.

“Pustakawan diharapkan dapat meningkatkan keahliannya dalam menguasai kompetensi manajemen data dan analisis data. Serta, perpustakaan dapat menjadi ruang untuk diskusi dan dapat mendorong peningkatan karya tulis ilmiah yang masuk dalam jurnal bergengsi dan dapat disitir oleh jurnal ilmiah bereputasi,” ungkap Luki.

Baca juga : Dengan Digital, Universitas BSI Akan Gelar Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan

Sebagai narasumber terkahir, Lely Hiryanto lebih menyoroti tentang peningkatan kualitas layanan, sarana prasaran perpustakaan yang bertaraf internasional.

“Perpustakaan yang bagus itu yang mampu memberikan kenyamanan bagi para user, melalu layanan yang optimal dan di tunjang oleh sarana dan prasarana yang berkelas seperti misalnya perpustakaan yang ada di Universitas Curtin yang memiliki standar internasional”, ujar Lely menutup acara seminar ini. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.