Lewat BSI Digination, SMK Bina Utama Pontianak Belajar Jadi Content Creator dan Podcaster

0 27

Pontianak, BSINews — Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak bekerja sama dengan perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne, sukses menyelenggarakan kegiatan BSI Digination dengan tema Opportunities In Creative Industry. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Universitas BSI kampus Pontianak dengan menghadirkan SMK Bina Utama Pontianak, pada Kamis (16/2/2023) silam.

Baca juga : BSI Digination Ajak SMKN 9 Pontianak Jadi Digital Graphic Handal

Eri Bayu Pratama selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Pontianak mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini agar dapat mendorong siswa untuk terus berkarya dan berkreatifitas di era digital.

“Selain itu, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mampu menjalin hubungan baik dengan sekolah. Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak siswa/i SMK Bina Utama untuk belajar editing dan mengenal dunia podcast dengan terjun langsung menjadi podcaster dan terlibat dalam dapur produksi,” ujar Eri dalam rilis yang diterima, Rabu (22/2/2023).

SMK Bina Utama Pontianak Belajar Jadi Content Creator dan Podcaster

Hadir sebagai narasumber, Deni Risdiansyah selaku content creator sekaligus dosen Universitas BSI  menjelaskan bagaimana editing video untuk menjadi seorang content creator.

“Untuk menjadi seorang content creator kita harus menelaah terlebih dahulu sosial media yang paling sering digunakan dan paling banyak digunakan oleh orang lain. Melalui sosial media ini, kita memanfaatkan peluang untuk menjadi seorang content creator,” jelas Deni.

Sebelum menjadi content creator, lanjutnya harus belajar dulu editing video dan mengenal tools-tools apa saja yang digunakan untuk editing video, serta langkah-langkah dalam membuat kreasi video. Editing video yang paling mudah digunakan saat ini adalah Canva.

Sementara itu, Weiskhy Steven Dharmawan sebagai narasumber kedua mengajak siswa/i mengunjungi ruang podcast DCC. Diruang podcast DCC, siswa/i belajar bagaimana cara memproduksi sebuah acara podcaster dengan bertindak sebagai host atau podcaster, narasumber hingga menjadi floor director.

Baca juga : BSI Digination Jadi Ajang SMKN 1 Pontianak Kenal Dunia Industri Kreatif

Menanggapi hal ini, Ahmad Fuzi Hilmi salah satu peserta BSI Digination mengungkapkan bahwa kegiatan sangat seru dan asik. Materi yang disampaikan tak hanya sekedar mendengarkan saja, namun peserta juga diajak untuk berkolaborasi membuat podcast.

“Kegiatannya seru dan asik karena kami belajar hal baru. Selain itu, penyampaian narasumber juga tidak membosankan bahkan kami juga diajak untuk belajar membuat podcast dengan terlibat langsung menjadi podcaster,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.