Dosen Universitas BSI Berikan Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Promosi UMKM Tegal Slawi Brebes

0 55

Tegal, BSINews Dosen Universitas BSI  (Bina Sarana Informatika) Kampus Tegal menyelenggarakan pengabdian masyarakat, sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kampus Universitas BSI Kota Tegal pada Minggu (12/3/2023) yang dihadiri oleh para UMKM Tegal Slawi Brebes.

Baca Juga: Dosen dan Mahasiswa Universitas BSI Berikan Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pelaku UMKM

Tim pengabdian masyarakat Universitas BSI Kampus Tegal yang di ketuai oleh Corie Mei Hellyana, dengan Tutor Cucu Ika Agustyaningrum, dan Dosen Ratna Kurnia Sari serta Dzulchan Abror yang dibantu beberapa mahasiswa dari prodi Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Tegal.

Pengabdian masyarakat ini memberikan pelatihan Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Promosi dengan mengajarkan kepada para bapak-bapak dan ibu-ibu UMKM untuk Optimalisasi Promosi Produk dengan menggunakan social media.

Dalam kesempatan ini, Corie Mei Hellyana menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan cara mudah dalam mempromosikan produk jualan ke social media dalam memanfaatkan penggunakan teknologi digital modern yang lebih baik dari sebelum nya yang hanya menitipkan produk jualan ke toko.

“Warga Tegal, Slawi, Brebes merupakan masyarakat yang aktif, sehingga proses optimalisasi media social sebagai media promosi dapat dilakukan dengan cepat dan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan bagi masyarakat terutama para usahawan/usahawati,” jelas Corrie, Minggu  (12/3/2023).

Cucu Ika selaku tutor menjelaskan bahwa kegiatan ini diawali dengan pengenalan tentang teknologi informasi digital, Pengenalan Sosial Media, Cara Mempromosikan Produk kesosial media dan sebagainya.

“Maka dari itu dengan adanya pengabdian masyarakat ini, kami berharap bapak dan ibu UMKM, dapat memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan promosi penjualan produk pada social media,” jelas Cucu.

Sementara itu, Sugiarti selaku salah satu UMKM Tegal Slawi Brebes, menilai, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pendiri UMKM, dan sangat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi digital.

“Pendiri UMKM sekarang sering kali menggunakan teknologi digital, akan tetapi masih belum paham dalam penggunaan yang baik, kadang masih ada yang tertinggal, contohnya pada proses promosi penjualan produk pada social media. Dengan adanya pelatihan ini, dapat mempermudah kami dalam mempromosikan produk jualan kami dengan cepat,”  ungkapnya.

Baca Juga: Penyuluhan Optimalisasi Kamera Smartphone Untuk Promosi Melalui Media Sosial Kepada Pelaku UMKM Wilayah Babelan

Ia berharap, pelatihan seperti ini dapat berjalan secara bekala sesuai dengan perkembangan teknologi untuk masyarakat sekitar.

“Terima Kasih untuk Universitas BSI yang sudah mau membagikan ilmu dengan kami yang sebagian masyarakat jualan. Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi kami dan disebarluaskan kepada masyarakat sekiat juga,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.