Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Menjadi Kerajinan Tangan

0 116

BSINews, Tasikmalaya – Melestarikan lingkungan hidup merupakan salah satu upaya untuk menjaga ekosistem sekitar dan salah satu bentuk gerakan cinta lingkungan, dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat perubahan yang berkelanjutan untuk mengurangi efek negatif yang biasanya ditimbulkan oleh kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan kerja bakti dan juga daur ulang sampah menjadi barang yang lebih berguna bahkan memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga : Sosialisasi Strategi Digital Marketing Dalam Penjualan Produk untuk Para Staff Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat

Berdasarkan hal tersebut, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Infronatika) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), Sabtu dan Minggu,  18-19 Maret 2023, di Kelurahan Bungursari, Tasikmalaya.

Bertajuk “Sosialisai pemanfaatan sampah plastik menjadi kerajinan tangan dan pemasaran melalui media sosial”, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Masyarakat (PM).

Recha Abriana Anggraini selaku ketua kelompok mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini memang sudah kewajiban dan kepedulian kami dari pihak kampus ntuk mengabdi kepada masyarakat.

“Tujuan diselenggrakan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai kreatifitas pemanfaatan sampah dan pemanfaatan media sosial di era digital kepada warga RW 04 Bungursari,”ujar Recha, seperti dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Asep Ahmad Hidayat selaku Ketua RW (Rukun Warga) menyampaikan bahwa tema kegiatan ini merupakan tema yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada di kelurahan Bungursari.

“Permasalahan sampah cukup menjadi sorotan di kelurahan bungursari sehingga masih banyak warga yang kurang akan kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan dan kurangnya kesadaran dalam cara pemanfaatan sampah dengan baik. Namun pemanfaatan teknologi informasi masih terbatas, sehingga sering kali menjadi kendala juga dalam pengembangan ekonomi yang lebih baik lagi,” ungkap Asep.

Baca Juga :

Sementara itu, Haerul Fatah selaku tutor mengungkapkan tujuan dari sosialisasi yang dilakukan.

“Kegiatan Pengabdian masyarakat dengan tema pemanfaatan sampah menjadi kerajinan dan cara memasarkannya melalui social media ini kami sesuaikan dengan kebutuhan pada kelurahan Bungursari, sehingga kami harapkan hasil dari kegiatan ini bisa di implementasikan oleh peserta dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar maupun dalam pemanfaatan pengembangan ekonomi dengan memasarkan hasil-hasil kerajinan tangan,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.