Dosen Universitas BSI Kampus Purwokerto Beri Pembekalan Guna Sambut Ajang PIKMI 2023

0 33

Purwokerto – Sebagai wujud meningkatkan kualitas mahasiswa menjadi unggul dalam aspek inovasi dan kreativitas dalam pemanfaatan TIK, program studi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto memberikan pembekalan untuk mempersiapkan keikutsertaan mahasiswanya dalam ajang kompetisi Software Development.

Ajang yang diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana dan diploma seluruh Indonesia ini bernama Pagelaran Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Indonesia (PIKMI) 2023. PIKMI 2023 merupakan kompetisi pengembangan perangkat lunak yang dapat memberikan solusi praktis atas permasalahan yang ada di masyarakat.

Baca juga: Masih Dibuka Pendaftaran, PIKMI 2023 Universitas BSI Gelar Kompetisi

Ajang PIKMI 2023

Pembekalan ini dimulai pada Senin, 3 April 2023 dan akan berakhir hingga tim selesai mengikuti keseluruhan timeline kompetisi. Pembekalan menghadirkan 3 dosen pendamping yaitu Imam Soleh Marifati, Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan dan Joko Dwi Mulyanto.

“Pembekalan dimulai dengan pembentukan 3 tim yang beranggotakan 3 mahasiswa dengan setiap timnya didampingi oleh dosen pendamping,” tutur Imam.

Ia memaparkan, dosen pendamping akan membantu tim dalam menentukan dan mempersiapkan proyek yang akan diikutsertakan pada kompetisi. Kegiatan ini diselenggarakan sekali dalam seminggu.

Dalam pembekalan ini, Imam menyampaikan strategi dalam meraih prestasi dikompetisi pengembangan perangkat lunak, yaitu pastikan bahwa di dalam karya tersebut mengandung unsur inovasi atau sesuatu yang baru.

Baca juga: Tertarik Ikuti Kompetisi Film Pendek? Yuk Daftarkan Diri pada PIKMI 2023

“Untuk menentukan jenis karya bisa melalui dua hal yaitu pertama membuat penemuan yang bersifat prototype dan belum bisa dimanfaatkan secara maksimal dan yang kedua, mengubah teknologi dari penemuan sebelumnya menjadi lebih baik,” pungkas Fandi.

Sementara itu, Joko mengatakan, melalui pembekalan ini, harapannya mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto dapat semakin siap mengikuti PIKMI 2023 sehingga dapat menyalurkan kemampuannya dalam bersaing dengan peserta PIKMI 2023 se-Indonesia sehingga dapat membawa juara.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.