Tingkatkan Kemampuan UMKM, Dosen Universitas BSI Bersama Komunitas UMKM Keluarga Khatulistiwa Lakukan Kegiatan Scale Up

0 69

BSINews, Jakarta – UMKM atau singkatan dari Usaha Kecil Mikro dan Menengah merupakan  kegiatan atau usaha bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil.

Dengan banyaknya jumlah UMKM yang ada di Indonesia, dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung bisnis mereka. Untuk meningkatkan kemampuan UMKM Keluarga, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat (PM) dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM keluarga Khatulistiwa, khususnya dalam bidang Digitalisasi dan Legalitas Usaha dari anggota UMKM Keluarga Khatulistiwa, Sabtu (15/4).

Baca Juga : Fotografi Produk Menggunakan Kamera Handphone Bagi Pelaku UMKM

Kegiatan tersebut dilakukan di café royal sugar Jl Sultan Abdurrahman Pontianak, dengan diisi oleh Dosen Universtias BSI yaitu bapak Yoki Firmansyah, Ibu Deast Purwaningtias, Tarina Dashela dan Ibu Yeni Mustika.

Agus yang merupakan ketua dari UMKM Keluarga khatulistiwa mengatakan bahwa saat ini Komunitas UMKM Keluarga Khatulistiwa sangat berkonsentrasi dalam meningkatkan kemampuan UMKM binaannya, selain itu para anggota UMKM, harus mengerti tentang pentingnya legalitas usaha dimana dengan meningkatnya kemampuan UMKM dalam menjalankan usaha, dan memahami pentingnya legalitas usaha maka UMKM bisa dikatakan naik kelas, tidak hanya sekedar jualan, tapi jelas legalitas dan kemampuannya.

“Saat ini kami UMKM Keluarga khatulistiwa sangat berkonsentrasi dalam meningkatkan Kemampuan UMKM kami terutama dibidang digitalisasi UMKM, selain itu juga dibidang legalitas usaha, karna dengan adanya legalitas dan ilmu digital maka UMKM bisa dikatakan naik kelas, saya juga berterima kasih kepada Universitas BSI yang sudah turut serta dalam membantu kami untuk meningkatkan kemampuan UMKM (UMKM Scale Up),” ujar Agus.

Sementara itu, Deasy Purwaningtias selaku dosen Universitas BSI yang tergabung di dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) juga mengatakan bahwa sangat senang sekali Universitas BSI bisa hadir ditengah tengah komunitas UMKM keluarga khatulitsiwa, menurutnya Dosen Universtias BSI memiliki ilmu yang dapat di implementasikan oleh UMKM.

Baca Juga : Jadi Narasumber, Dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Tumbuhkan Digital Mindset Untuk Pelaku UMKM

“Berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan, karna dengan kolaborasi antara UMKM keluarga khatulisitwa dan Universitas BSI maka dapat menciptakan UMKM yang lebih baik, lebih maju, dan pastinya dapat meningkatkan omset dari UMKM itu sendiri,”ujarn Deasy seperti dalam keterangan tertulis, Senin (17/4).

Ia menambahkan, bahwa dirinya dan tim sangat bangga dapat hadir menjadi pendampingan UMKM Keluarga Khatulistiwa,

“Kegiatan PM yang berlangsung dari pukul 15.00 diikuti oleh kurang lebih 30 UMKM yang ada di kota Pontianak dan sekitarnya, serta materi yang disampaikan yaitu terkait pentingnya legalitas usaha yang disampaikan oleh Yoki Firmansyah,” pungkas Deasy.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.