Maksimalkan Penjualan Produk Pelaku UKM PKK, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Desain Grafis

0 66

Jakarta BSINews-Desain grafis semakin menjadi kunci sukses bagi bisnis di era 4.0 saat ini. Dalam dunia yang semakin kompetitif, desain grafis yang baik dapat membedakan sebuah bisnis dari kompetitor. Desain grafis dapat digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, seperti pembuatan logo, brosur, kemasan produk, website, dan media sosial.

Baca Juga: Pelatihan Tips Strategi Pemasaran Produk Secara Online Di Sudin PPKUKM Jakarta Timur

Desain yang menarik dan kreatif dapat meningkatkan citra sebuah bisnis dan mendorong konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan salah satunya bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Di Indonesia, UKM punya kontribusi besar dalam perekonomian. UKM PKK RW 06 Tegal Parang merupakan salah satu kelompok yang berperan penting meningkatkan pertumbuhan ekonomi kesejahteraan keluarga yang menghasilkan berupa sebuah produk usaha yang berlokasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pada prakteknya di lapangan, pelaksanaan dan pengembangan UKM PKK RW 06 Tegal Parang memiliki beberapa kesulitan misalnya keterbatasan keterampilan sumber daya manusia dan keterampilan khususnya kesulitan dalam membuat desain kemasan produk yang dapat lebih menarik konsumen.

Demi menjawab tantangan tersebut, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berkolaborasi dengan UKM PKK RW 06 Tegal Parang Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Dengan kegiatan bertemakan Pengabdian Masyarakat (PM) berupa ’Sosialisasi Perkembangan Teknologi dalam Desain Grafis untuk Kemasan Produk’. Acara tersebut dilaksanakan secara luring di Aula Masjid Baitul Halim, Mampang Prapatan, pada Minggu (14/05/23).

Khairul Rizal selaku ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat dosen Universitas BSI mengatakan tujuan PM ini untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya desain kemasan produk serta keterampilan pelaku usaha UKM PKK RW 06 Tegal Parang.

“Desain grafis yang baik harus mampu menyampaikan pesan secara jelas, akurat dan mudah kepada target pasar. Oleh karena itu, para pelaku UKM PKK ini harus mampu memahami karakteristik konsumen serta tren pasar yang sedang berkembang” ujar Rizal dalam keterangan rilis yang diterima Senin, (15/5/23).

Selain Khairul Rizal, Dosen lain pun turut mendukung dalam pelatihan ini antara lain Nur Alam selaku Narasumber yang membawakan materi utama, Yuris Alkhalifi dan Amir selaku fasilitator serta didukung juga oleh mahasiswa Universitas BSI yakni Agus Wahyudi & Ainayah Al Fathiyyah. Khairul Rizal menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para pelaku UKM.

Baca Juga:Pelatihan Pemanfaatan Tiktok Sebagai Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Pada Pelaku UMKM Naik Kelas Kota Bekasi

Ernih selaku ketua Kelompok PKK RW 06 mengatakan desain grafis sangat penting terutama  bagi kesuksesan para pelaku UKM di era digital dan pelatihan ini dinilai sangat bermanfaat untuk  mendapatkan konsumen

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi yang cukup baik. “Kami menyadari betapa pentingnya desain grafis bagi kesuksesan para pelaku UKM di era digital saat ini. Oleh karena itu, pelatihan ini dinilai sangat bermanfaat agar kami dapat mendapatkan konsumen yang lebih banyak sehingga ekonomi masing-masing dari kami pun dapat meningkat,” tandasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.