Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Public Speaking Dalam Presentasi Kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibubur

0 16

Jakarta BSINewsPengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, tetapi juga melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: BSI Explore 2023 Bekali Peserta dengan Pelatihan Public Speaking & Micro Teaching

Dalam rangka mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universita BSI (Bina Sarana Informatika), melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan tema “Pelatihan Public Speaking Dalam Presentasi Kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibubur” yang dilaksanakan secara offline / tatap muka di RPTRA Cibubur Berseri, Jl. H. Abdul Rahman II No.3 RW.10, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas Kota Jakarta Timur pada Sabtu (13/5/23).

Gan Gan Giantika selaku ketua pelaksana menerangkan kepada peserta mengenai Pelatihan Public Speaking Dalam Presentasi Kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibubur. Setiap orang disadari atau tidak, suatu saat pasti akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara. Banyak hal yang harus dikuasai untuk dapat berbicara di depan publik yang baik. Penguasaan materi yang akan disampaikan, penggunaan bahasa dan cara presentasi yang tepat, penggunaan bahasa tubuh dan ekspresi vokal dan masih banyak lagi. Selain itu penguasaan panggung dan praktek juga merupakan hal yang harus dipelajari.

Public Speaking atau yang lebih umum disebut dengan keterampilan berbicara di depan umum merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki di era global sekarang ini. Berbicara di depan umum (public speaking skill) adalah kemampuan untuk berbicara di hadapan banyak orang, baik di ruang tertutup maupun di ruang terbuka. Berbicara di depan umum sangat penting untuk dimiliki di era global seperti sekarang ini,” jelas Gan Gan dalam keternagan pada rilis Sabtu (13/5/23).

Sementara itu, Rosita Suwarna selaku peserta menjelaskan pelatihan public speaking  membantu untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan banyak manfaat untuk penyampaian pesan dari  lebih terstruktur dengan menggunakan tata bahasa  formal daripada percakapan biasa.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Public Speaking pada Muda Berbuat

“Dengan kemampuan public speaking yang baik, kita bisa menyampaikan gagasan, ide, informasi atau hal lainnya dengan baik. Selain itu, kita juga jadi lebih percaya diri, bisa memimpin orang lain, dan memengaruhi orang lain,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.