5 Rekomendasi Bisnis Kuliner Menjanjikan Di Tasikmalaya

0 289

Tasikmalaya BSINews Tasikmalaya adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berjuluk Sang Mutiara dari Priangan Timur. Kota Tasikmalaya terletak di jalur utama selatan Pulau Jawa di wilayah provinsi Jawa Barat. Tasikmalaya dikenal sebagai Kota Santri, tepatnya pada era sebelum 1980-an karena hampir di seluruh di wilayah ini tersebar pondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil, bahkan melahirkan tokoh perjuangan nasional yaitu Zainal Mustafa.

Selain dikenal karena letak dan julukannya, Kota Tasikmalaya juga dikenal sebagai kota dengan aneka kuliner yang lezat dan menggiurkan. Bahkan setiap malam minggu, ada bazar kuliner yang digelar di kota ini dengan nama Mambo Kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan berat maupun ringan yang terkenal di Tasikmalaya. Mambo kuliner selalu ramai dibanjiri oleh masyarakat Kota Tasik.

Baca Juga: 9 Cara Memulai Bisnis Keripik Pisang

Keragaman kuliner dan tingginya minat masyarakat terhadap kulier, berikut kami sajikan informasi berupa 5 rekomendasi bisnis kuliner menjanjikan di Tasikmalaya:

  1. Seblak

Seblak adalah masakan khas Sunda yang berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk yang terdiri dari bawang putih dengan kencur. Sama halnya dengan dataran sunda lainnya, seblak di Tasikmalaya masih mejadi salah satu primidone dalam perkulineran. Seblak juga merupakan makanan yang sangat umum dijumpai di Tasikmalaya, banyaknya warung seblak yang ada di Tasikmalaya tidak menjadikan peluang bisnis dari kuliner ini surut.

Banyaknya peminat seblak justru menjadikan bisnis seblak menjadi salah satu rekomendasi bisnis yang sangat menjanjikan omsetnya di Tasikmalaya. Seblak dengan rasa yang lezat tentunya akan tetap diburu penikmat kuliner, ditambah dengan tempat yang aesthetic pasti akan ramai di datangi oleh berbagai kalangan terutama anak muda.

Sintia salah satu alumni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya, yang dibimbing oleh BSI Entrepreneur Center (BEC) kini  telah berhasil membuka bisnis Seblak. Tidak tanggung-tanggung, bisnis yang dikelolanya kini bisa menghasilkan omset 1,5 juta rupiah per harinya.

“Waktu kuliah di Universitas BSI ada mata kuliah entrepreneurship yang menjadikan modal utama saya bagaimana membangun bisnis yang baik. Selain itu, lewat BEC dan beberapa seminar entrepreneur, membuat saya semakin termotivasi untuk menjadikan usaha ini lebih baik lagi dan semakin maju,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Recha Abriana Anggraini selaku Koordinator BEC Universitas BSI kampus Tasikmalaya mengungkapkan, sangat bangga akan keberhasilan dan kegigihan Sintia dalam menjalani bisnisnya.

“Saya bangga dengan pencapaian yang diraih oleh Sintia, semoga kedepannya Sintia  bisa lebih sukses dalam usahanya. Universitas BSI kampus Tasikmalaya, selalu berupaya untuk mencetak para pengusaha muda melalui binaan BEC,” terangnya.

  1. Cilok

Cilok adalah sebuah kudapan khas Sunda yang berbentuk mirip bakso yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bumbu pelengkap, seperti sambal kacang dan sambal. Bentuknya bulat-bulat dan kadang diisi dengan isian, seperti daging atau potongan telur di dalamnya. Cilok sendiri dapat dikreasikan sedemikian rupa, baik menjadi cilok goreng, maupun cilok kuah. Salah satu hidangan cilok yang terkenal di Tasikmalaya adalah cilok goang.

Sama halnya dengan seblak, cilok juga umum dijumpai di Tasikmalaya namun karena banyaknya peminat, bisnis ini juga termasuk ke dalam salah satu bisnis yang omsetnya sangat menjanjikan. Bisnis cilok ini juga dibuka oleh salah satu alumni Universitas BSI Tasikmalaya, Nizza. Tak hanya cilok, dia juga membuat inovasi produk cemilan lainnya berbahan dasar aci.

Baca Juga: Bisnis Angkringan, Mahasiswa Ini Raih Omzet Belasan Juta Sebulan

  1. Bakso

Bakso merupakan makanan yang paling umum dan dapat di temukan di seluruh penjuru negeri. Namun siapa sangka bakso di Tasikmalaya juga merupakan salah satu makanan yang sangat di cari dan banyak peminatnya. Bakso di Tasikmalaya merupakan salah satu primadona kuliner, oleh karenanya membuka bisnis bakso di Tasikmalaya merupakan keputusan yang cukup baik untuk meraup keuntungan.

  1. Mie Ayam

Sama halnya dengan bakso, mie ayam juga sangat umum di jumpai di Indonesia, namun jika di Kota Tasikmalaya, sulit menemukan mie ayam dengan citarasa gurih manis seperti di Jawa Tengah. Oleh karenanya, membuka bisnis mie ayam dengan cita rasa demikian bisa menjadi alternatif untuk membuka bisnis baru di Kota Tasikmalaya.

  1. Café n Resto

Café n resto merupakan tempat yangs sering dikunjungi anak muda untuk hangout, namun di Tasikmalaya peminat café n resto bukan hanya anak muda, melainkan semua kalangan. Selain itu, biasanya masyarakat Kota Tasikmalaya juga menyukai café n resto dengan nuansa alam yang syahdu namun tetap mengusung gaya modern. Jadi, membuka sebuah café n resto dengan vibes modern dengan pemandangan alam atau suasana yang asri bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat bisnis baru di Kota Tasikmalaya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.