Prodi Hubungan Masyarakat Universitas BSI Gelar Pembekalan Public Relations

0 34

Jakarta, BSINews — Program studi (prodi) Hubungan Masyarakat Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan pembekalan Public Relations (PR). Kegiatan ini akan digelar secara daring, pada Selasa (30/5/2023).

Baca juga : Dosen Universitas BSI Kampus Purwokerto Beri Pembekalan Guna Sambut Ajang PIKMI 2023

Pembekalan PR ini ditujukan untuk mahasiswa/i yang berasal dari prodi Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations (S1) dan juga mahasiswa/i program studi Hubungan Masyarakat (D3) sebagai pondasi pelaksanaan kegiatan PR Award yang akan dilaksanakan pada  6 Juni hingga 18 Juni 2023.

Ita Suryani selaku Kaprodi Hubungan Masyarakat Universitas BSI  mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan dari diadakannya pembekalan PR Award ini adalah untuk mmemberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan teknik untuk menyelesaikan penugasan pada 2 kategori kegiatan kompetisi di PR Award, yakni Penanganan Manajemen Krisis dan Manajemen Event.

“Dimana mahasiswa wajib menyelesaikan tugas pada kategori Penanganan Manajemen Krisis secara on the spot/mendadak mendapatkan kasus di lokasi kegiatan sedangkan untuk tugas kategori Manajemen Event mahasiswa diwajibkan membuat kegiatan launching produk/jasa dimana mereka sudah menyiapkan proposal beserta seluruh kelengkapan pada hari sebelumnya, sehingga di lokasi kegiatan mereka hanya tinggal membentuk venue sebagai tempat khusus pusat menaruh proposal maupun media kit penyelenggaraan kegiatan mereka,” ujar Ita dalam rilis yang diterima.

Prodi Hubungan Masyarakat Gelar Pembekalan Public Relations

Ia menambahkan, pembekalan yang diadakan menjelang berlangsungnya kegiatan PR Award diharapkan dapat memberikan ide segar dan masukan bagi mahasiswa dalam melengkapi atribut yang belum disiapkan serta memberikan mahasiswa pengetahuan yang luas terhadap step penanganan krisis yang akan dihadapi.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber Dr Praditya Yudha yang merupakan dosen Universitas Gunadarma, peneliti dan juga traine di CPROCOM, menjelaskan baik kegiatan manajemen krisis dan manajemen event merupakan pengelolaan seorang public relations terhadap keberlangsungan perusahaan/ instansi.

“Krisis datang tanpa diundang dan tanpa kita ketahui kapan akan menerjang perusahaan atau instansi kita, sehingga diperlukannya kemampuan seorang Public Relations dalam menangani krisis secepat mungkin,” jelas Reza.

Ia juga tetap memberikan beberapa step, masukan dan juga tips dalam penanganan krisis dan juga perancangan manajamen event, dimana ia memaparkan bahwa untuk menangani krisis terdapat 4 tahap dalam memanajemen krisis yakni: mengambil alih dengan cepat, menetapkan fakta, ceritakan kisah dan atasi masalah.

Baca juga : Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas BSI Sukses Menyelenggarakan Kegiatan Pembekalan Tugas Akhir Mahasiswa

“Sedangkan pada kegiatan memanajemen event pembahasan terfokus pada analisa audience dan mencari ide, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menganalisa audience maka sasaran kegiatan akan terfokus dan ide di dapatkan ketika kita sudah mengetahui siapa audience kita,” tutupnya. (LAG)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.