Startup Indonesia Tumbuh Pesat & Terus Berinovasi

0 510

Jakarta, BSINews – Indonesia saat ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat. Berbagai inovasi dan ide kreatif terus bermunculan dari para pengusaha muda di tanah air. Hal ini akan semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pusat teknologi dan inovasi Asia.

Menurut data terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat ini terdapat lebih dari 2.000 bisnis yang beroperasi di Indonesia. Angka tersebut meningkat sekitar 37% per tahun, menunjukkan bahwa pengusaha Indonesia semakin giat bekerja untuk berinovasi dan mengembangkan usahanya.

Baca juga: Keuntungan Design Thinking bagi Pemula Startup

Selain itu, beberapa startup Indonesia berhasil menarik investasi dari investor global. Beberapa di antaranya adalah Bukalapak, Gojek, dan Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa startup di Indonesia semakin mendapat perhatian dan dukungan dari investor global.

Namun, ada beberapa startup yang masih memiliki tantangan besar. Salah satu tantangan terbesar adalah kurangnya modal dan terbatasnya infrastruktur teknologi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia mendukung perkembangan startup dengan memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai.

Saat ini Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) telah menyelenggarakan program persiapan hibah tahunan untuk start-up inovasi. Dengan adanya program ini diharapkan dapat menambah jumlah startup dan mendorong startup yang sudah ada untuk scale up dan terus menanjak unicorn.

Menurut Mahmud Syarif selaku Ketua BSI Stratup Center (BSC), startup sendiri identik dengan perusahaan teknologi karena mereka merancang dan memproduksi produk teknologi seperti aplikasi, software atau website. Hal ini selaras dengan program pemerintah yang dirancang untuk memudahkan startup muda mengembangkan ide kreatif dan inovatifnya.

Baca juga: 5 Kunci Kesuksesan Startup yang Harus Diketahui Setiap Pengusaha Muda

“Melihat perkembangan positif startup di Indonesia, Diharapkan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) akan mencetak generasi muda berbakat di bidang teknologi untuk mendukung industri kreatif. Bisa dipastikan para pengusaha Indonesia akan terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dukungan dari pemerintah dan investor global juga diharapkan semakin meningkat agar startup Indonesia terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.