Ingin Sukses Wawancara Kerja? Cobalah 5 tips berikut ini

0 8,340

BSINews, Karawang–Wawancara kerja adalah salah satu tahap penting yang menentukan apakah kamu akan diterima pada posisi yang kamu lamar atau tidak. Di tahap ini, kamu bisa mempromosikan keunggulan dirimu kepada perekrut bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Baca Juga: Teknik Menulis Curriculum Vitae dan Sukses Wawancara Kerja Program Studi Administrasi Bisnis Semester 6

Salman Alfarizi selaku Staff BSI Career Center Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang mengatakan sebelum melakukan interview kerja, hal yang perlu diperhatikan adalah percaya diri dan menyiapkan diri.

“Hal yang perlu dilakukan sebaik mungkin agar lebih siap sebelum wawancara adalah percaya diri dan menyiapkan diri. Siapkan dirimu dengan berlatih serta menyiapkan jawaban terbaik saat melakukan interview kerja,” katanya.

Ia juga memiliki perpektif tips yang dapat membantu menghadapi wawancara dengan sukses. Berikut penjelasannya, menurut Salman Alfarizi:

1. Persiapkan diri secara menyeluruh
Pelajari tentang perusahaan atau organisasi yang akan mewawancara. Ketahui misi, visi, nilai-nilai, dan proyek-proyek terbaru yang sedang mereka lakukan. Juga, tinjau kembali kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang tersedia.

2. Latihan soal dan jawaban
Buat daftar pertanyaan umum yang mungkin muncul dalam wawancara, seperti “Ceritakan tentang diri anda” atau “Apa kelebihan dan kelemahan anda?” Latih diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jelas dan percaya diri.

3. Tunjukkan sikap yang positif
Saat wawancara, tampilkan sikap yang positif dan antusiasme terhadap posisi yang dilamar. Tersenyumlah, berikan kontak mata, dan tunjukkan minat pada topik yang dibahas.

4. Ceritakan pengalaman dan prestasi
Gunakan contoh konkret dari pengalaman kerja atau kegiatan lainnya untuk mendemonstrasikan keterampilan dan prestasi yang dimiliki. Ceritakan dengan jelas bagaimana cara berhasil menyelesaikan tugas atau mengatasi tantangan yang dihadapi.

5. Bersiaplah untuk pertanyaan umum
Persiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan seperti “Ceritakan tentang diri anda,” “Mengapa anda tertarik pada posisi ini,” atau “Apa yang membuat anda cocok untuk peran ini?” Buat jawaban yang jelas, ringkas, dan menonjolkan kelebihan yang dimiliki.

Baca Juga: Teknik Menulis Curriculum Vitae dan Sukses Wawancara Kerja Program Studi Administrasi Bisnis Semester 6

“Semoga tipsnya membantu dalam menghadapi wawancara kerja. Tentunya tips-tips di atas tidak akan terasa kalau anda tidak mempraktikannya. Sebaiknya ikutilah pameran-pameran lowongan kerja yang ada, terutama bagi yang fresh graduate untuk menambah pengalaman saat wawancara kerja,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.