Lagi, Mahasiswa Prodi SIA Jadi Juara 3 dalam Kompetisi PIKMI 2023

0 55

BSINews, Jakarta – Akuntansi adalah bidang yang penting dalam dunia bisnis. Seorang profesional di bidang akuntansi memiliki peran krusial dalam mengelola keuangan dan memberikan informasi yang akurat kepada pemangku kepentingan dalam sebuah perusahaan.

Untuk membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang ini, berbagai lomba akuntansi diadakan di berbagai institusi perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga : Bangkikan Jiwa Kompetitif Mahasiswa, Awarding Ceremony PIKMI Akan Segera Digelar

Salah satu lomba akuntasi hadir dalam Pagelaran Inovasi & Kreativitas Mahasiswa Indonesia (PIKMI) 2023 dengan kategori National Accounting Application Competition yang digelar oleh Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) pada tanggal 15 Januari 2023 hingga 7 Juni 2023 lalu.

Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI mengirimkan tim delegasi mengikuti perlombaan tersebut. Mereka tergabung dalam Tim Himasa Universitas BSI dan berhasil menyabet juara ketiga.

Angelica Maya Nirmala Sari, selaku Ketua Tim Himasa Universitas BSI, mengatakan, lomba PIKMI 2023 kategori Accounting Application Competition menguji kemampuan akuntansi dan mengimplementasikannya kedalam aplikasi akuntansi Zahir untuk menjelaskan data akuntansi mulai dari pembuatan database baru, setup master, input transaksi pada modul persediaan, pembelian, penjualan, kas dan bank, buku besar sampai dengan menampilkan laporan keuangan dan menampilkan analisis bisnis.

“Dalam kejuaraan ini kami berhasil menjadi juara ketiga dan kami sangat bangga. Dari lomba ini bukan hadiah atau title juaranya yang kami kejar, tapi kami ingin mengukur diri, sejauh mana kompetensi dari bidang akuntansi ini sudah kami peroleh,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa(13/6).

Maya, dan 2 temannya Awalia Ramadani Lukman serta Anisa Dwi Mustikawati juga sudah melakukan persiapan matang selama proses lomba berlangsung. Hal tersebut juga dibantu dengan bimbingan dosen pendamping mereka, Sifa Fauziah.

Baca juga : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Tingkatkan Kualitas Luaran Tugas Akhir

Sementara itu, Sifa mengaku bangga atas torehan prestasi dari mahasiswa bimbingannya. “Saya tentu saja senang dan bangga atas raihan dari mahasiswa Tim Himasa ini. Mereka benar-benar bisa membuktikan semangat perjuangan dalam persiapan dan saat perlombaannya betul-betul harus diapresiasi,” katanya bercerita.

PIKMI sendiri menjadi gelaran kompetisi bagi mahasiswa Indonesia yang digelar untuk menghadirkan kompetisi dari berbagai bidang keahlian dan jurusan perguruan tinggi, salah satunya dibidang akuntansi. Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif, berhasil menyaring bakat-bakat mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.