Tingkatkan Skill Komunikasi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sukses Selenggrakan Seminar Communication Skill and Digital Business

0 31

BSINews, Jakarta – Program Studi Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan seminar offline terkait Seminar Communication Skill And Digital Business, Jum’at (23/6) berlokasi di Aula Gedung Rektorat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Kramat 98, Jl. Kramat Raya No.98, RW.9, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kegiatan yang bertajuk “Improve Your Creativity In Communication Skill And Digital Business”, diikuti oleh kurang lebih 425 peserta yang dibagi menjadi dua sesi, terdiri dari mahasiswa semester 4 Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas BSI, dengan dihadiri oleh Kaprodi Manajemen, Nurvi Oktiani, dan Lisye Octaviana, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Baca Juga : Prodi Manajemen Universitas BSI Sukses Gelar Seminar Communication Skill Dan Digital Business

Dalam Sambutanya Nurvi Oktiani, Menyampaikan kepada mahasiswa Semester 4 Program Studi Manajemen, bahwa sangat penting sekali tentang komunikasi skill yang baik dimana menghadapi era digital dan menghadapi persaingan yang ketat dan harus memiliki kemampuan softkill komunikasi untuk bekal kedepannya.

“Dengan adanya kegiatan ini, semoga mahasiswa semester 4 prodi manajemen dapat memahami ilmu yang disampaikan oleh narasumber dan mampu menerapkan ilmu tentang komunikasi skill dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Nurvi dalam keterangan tertulis, Jum’at (23/6).

Sementara itu, Lisye dalam pemaparan materi menyampaikan, bahwa sebagai generasi muda harus memiliki komunikasi yang baik dan kompeten, karena komunikasi merupakan keahlian dasar yang paling utama dalam dunia bisnis.

“Kemampuan komunikasi akan berpengaruh pada semua bagian. Produksi, Management, Keuangan, Operasional, Pelayanan, Penjualan, Pembelian dan Pelanggan. Semua bagian tersebut terkait satu sama lain melalui komunikasi. Jadi komunikasi yang baik akan sangat berpengaruh pada output yang dihasilkan masing-masing bagian atau perusahaan secara keseluruhan. Komunikasi Bisnis diperlukan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, karena berhubungan dengan banyak pihak,” papar Lisye.

Baca Juga : Prodi Manajemen Universitas BSI Bantu Kembangkan Skill Generasi Z

Ia juga menyampaikan, pentingnya Digital marketing merupakan aktivitas pemasaran yang menggunakan teknik atau pemanfaatan media digital dengan tujuan untuk mendapatkan data, pasar, dan pelanggan.

“Di masa lalu, strategi pemasaran lebih banyak menggunakan media konvensional untuk promosi, seperti majalah, spanduk, baliho, dan sebagainya. Begitu juga dengan media digital yang sangat cepat sekali terutama media yang sudah seharusnya, dan ini sangat berhubungan erat dengan communication skill, menjadi suatu tuntutan yang wajib dipenuhi dalam persaingan di era digital. Hal tersebut menjadi penting untuk menghindari kesalahan penyampaian dalam satu forum. Belum lagi saat ini banyak masuk beragam alat untuk komunikasi di dunia digital. Hadirnya berita-berita hoax saat ini bisa jadi akibat dari pesan yang disampaikan antar personal tidak sesuai, artinya penerima belum bisa menerima pesan dengan baik,” tambah Lisye.

Selanjutnya, Lisye menyampaikan pada saat ini, keahlian komunikasi justru semakin diperlukan untuk memberikan support secara langsung dalam waktu singkat, agar perusahaan memiliki keunggulan kompetitif dan mampu bersaing. Keahlian Komunikasi Bisnis yang diperlukan saat ini terbilang cukup kompleks dengan melibatkan kemampuan Komunikasi dan Presentasi secara langsung atau tanpa persiapan.

“Sesuai dengan kebutuhan saat ini, dimanapun dan kapanpun setiap professional dalam bidang masing-masing, harus mampu mengkomunikasikan pesan atau melakukan presentasi efektif secara langsung bahkan nyaris tanpa persiapan,” pungkas Lisye.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.