Tingkatkan Wawasan dan Keterampilan Masyarakat Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

0 75

BSINews, Tasikmalaya–Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen sistem informasi berkolaborasi dengan mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan ilmu, wawasan, dan keterampilan masyarakat di bidang teknologi informasi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berupa pelatihan dan workshop tentang berbagai topik terkait teknologi informasi, seperti pelatihan penggunaan perangkat lunak, pengembangan aplikasi web, manajemen basis data, keamanan informasi, atau analisis data.

Baca Juga: Pengabdian Masyarakat Universitas BSI Berikan Manfaat yang Signifikan Bagi Masyarakat

Tuti Alawiyah selaku staf LPPM Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya  menjelaskan penyuluhan dan seminar kepada masyarakat tentang isu-isu terkini dalam teknologi informasi seperti pembahasan tentang perkembangan terbaru dalam industri IT, tren teknologi terkini seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau Internet of Things (IoT), atau implikasi sosial dan etika teknologi informasi membantu masyarakat dalam memahami dan mengikuti perkembangan teknologi informasi secara lebih baik.

“Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, mitra masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menggunakan teknologi informasi,” ujar  Tuti dalam keterangan tertulis Selasa, (20/6/23).

Leih lanjut, menurutnya, melalui kegiatan pengabdian masyarakat juga, dosen dan civitas akademika dapat berkontribusi dalam merencanakan sistem informasi untuk bisnis atau organisasi, memberikan saran tentang infrastruktur teknologi yang sesuai, atau membantu dalam memecahkan masalah terkait dengan implementasi teknologi informasi.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Jurnal-Jurnal Pengabdian Masyarakat Di Lingkungan Universitas BSI

“Melalui kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat, civitas akademika  dapat membantu meningkatkan pemahaman, pemanfaatan, dan keterampilan masyarakat di bidang teknologi informasi. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dapat memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat, sehingga tercipta sinergi yang saling menguntungkan dalam menghadapi tantangan teknologi informasi yang terus berkembang,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.