Pengabdian Masyarakat Universitas BSI Berikan Manfaat yang Signifikan Bagi Masyarakat

0 92

BSINews, Jakarta – Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) yang dilakukan oleh seorang dosen memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa berupa pelatihan seperti penguasaan teknologi komputer, kewirausahaan, pertanian, kesehatan, kebersihan dan keterampilan teknis lainnya.

Untuk itu, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dari Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan bidang sistem informasi, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan masyarakat dalam penguasaan teknologi komputer.

Baca Juga : Universitas BSI Tunjukan Dedikasi Tinggi dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat Universitas BSI

Di sini, dosen dapat menyelenggarakan pelatihan teknologi komputer kepada masyarakat, terutama yang memiliki keterbatasan akses atau pengetahuan terhadap teknologi tersebut. Tuti Alawiyah Koordinator LPPM Universitas BSI kampus Tasikmalaya mengatakan bahwa, pelatihan ini dapat meliputi pengenalan komputer, pengoperasian sistem operasi, penggunaan aplikasi perkantoran, dan keamanan digital.

“Dengan demikian, masyarakat dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam penguasaan teknologi komputer. Di samping itu, dosen dan mahasiswa dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam mengembangkan aplikasi berbasis masyarakat yang dapat membantu memecahkan masalah lokal atau meningkatkan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Tuti dalam keterangan tertulis, (20/6).

Baca Juga : Lewat Pengabdian Masyarakat UBSI Berikan Pelatihan Design Presentasi Menarik

Mendorong digitalisasi usaha mikro di masyarakat

Selain itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat Universitas BSI, dosen pun dapat memberikan konsultasi teknologi kepada masyarakat, terutama pada tingkat usaha kecil dan menengah. Di antaranya, membantu dalam pemilihan perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, memberikan saran tentang penggunaan teknologi yang tepat, dan membantu dalam mengoptimalkan sistem informasi dalam organisasi.

Untuk mendorong digitalisasi usaha mikro di masyarakat, pengabdian masyarakat Universitas BSI memberikan pemahaman tentang manfaat digitalisasi. Selain itu juga membantu dalam memilih dan mengimplementasikan solusi teknologi yang sesuai, serta memberikan pelatihan dalam pemanfaatan teknologi dalam mengelola usaha mereka.

“Kegiatan pengabdian masyarakat Universitas BSI dalam bidang sistem informasi tidak hanya membantu masyarakat dalam meningkatkan penguasaan teknologi komputer, tetapi juga berpotensi meningkatkan daya saing dan kesempatan ekonomi masyarakat secara keseluruhan serta memberikan wawasan baru yang relevan dan berguna bagi kemajuan masyarakat dalam penguasaan teknologi computer,” tambahnya.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Tasikmalaya Mengadakan Pelatihan Pengembangan Diri Melalui Desain Grafis

Indeks keberhasilan suatu pengabdian masyarakat

Keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa sangat tergantung pada kolaborasi yang erat antara perguruan tinggi dan mitra masyarakat. Dengan adanya sinergi ini, diharapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat serta mendorong pengembangan komunitas yang lebih baik secara keseluruhan.

“Dengan perolehan pengetahuan dan keterampilan baru dari suatu pengabdian masyarakat khusunya dari dosen Universitas BSI diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kehidupannya sehari-hari,” pungkasnya.(DIM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.