Dosen UBSI Pontianak dan Komunitas Gemawira Berikan Pelatihan Content Creator untuk Meningkatkan Pemasaran Online UMKM di Pontianak

0 42

Pontianak, BSINews – Fenomena penggunaan media sosial dalam masyarakat modern telah menciptakan peluang bisnis baru di industri kreatif. Salah satu profesi yang muncul berkat media sosial adalah content creator.

Menyikapi hal ini, Dosen dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, bekerja sama dengan Komunitas Gemawira, memberikan pelatihan content creator kepada anggota komunitas yang terdiri dari berbagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Pelatihan ini berlangsung pada Sabtu (8/7).

Baca juga: Tingkatkan Keterampilan Strategi Bisnis KWT Al-Mina Ciawi Bogor, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Digital Marketing

Pelatihan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan memberikan pemahaman dan keterampilan kepada content creator dalam menggunakan media sosial secara efektif.

Selain itu, para peserta juga diperkenalkan dengan budaya dan etika dalam bermedia sosial, agar mereka dapat menjaga daya tarik dalam pemasaran produk mereka secara online. Selama pelatihan, peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan menunjukkan rasa ingin tahu yang besar dan memberikan feedback yang luar biasa kepada pemateri.

Eva Meilinda sebagai Ketua Kelompok Pengabdian Masyarakat yang memberikan pelatihan kepada Komunitas Gemawira, menjelaskan bahwa pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam bermedia sosial, tetapi juga untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan kualitas konten pemasaran online mereka, yang pada akhirnya akan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.

“Jika hal ini terjadi, secara otomatis akan meningkatkan penjualan UMKM tersebut. Seperti yang kita ketahui, saat ini minat pembelian produk secara online melalui media sosial cukup tinggi. Sebagai pedagang, kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi ini,” ujar Eva.

Pelatihan content creator yang diselenggarakan oleh Dosen Universitas BSI Pontianak dan Komunitas Gemawira merupakan upaya konkret untuk mendukung UMKM dalam memanfaatkan potensi media sosial untuk mengembangkan pemasaran online mereka.

“Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini, diharapkan UMKM di Pontianak dapat meningkatkan daya saing mereka dalam era digital yang terus berkembang,” tuturnya.

Baca juga: Tingkatkan Pengelolaan Kas UMKM, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Zahir Accounting Pada Para UMKM Desa Bojong Sawah

Salah satu peserta pelatihan, Ramlah, yang merupakan pemilik UMKM Bintang Borneo, mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan sangat menarik dan bermanfaat baginya.

“Pelatihan seperti ini tidak mudah didapatkan, terutama yang gratis seperti ini. Jadi, ini sangat bermanfaat bagi kami. Harapannya, semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut agar kami dapat terus meningkatkan kapasitas dalam bidang pemasaran online. Terima kasih Universitas BSI,” ungkap Ramlah.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.