Tingkatkan Pengelolaan Kas UMKM, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Zahir Accounting Pada Para UMKM Desa Bojong Sawah

0 46

BSINews, Sukabumi –  Dalam rangka mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Dosen Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Zahir Accounting Pada Para UMKM Desa Bojong Sawah kepada para UMKM PKK Desa Bojong Sawah Kabupaten Sukabumi, Sabtu dan Minggu, 8 dan 9 Juli 2023, berlokasi di Kantor Desa Bojong Sawah, Sukabumi.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan kualitas masyarakat dalam bidang IT.

Baca Juga : Universitas BSI Kampus Tegal Berikan Workshop Zahir Bagi Finalis Olimpiade Akuntansi 2023

Rizal Amegia Saputra, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan aplikasi Zahir accounting untuk membantu para UMKM dalam menegolala keuangan agar menjadi lebih efesien.

“Tujuan lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal pengelolaan keuaangan, sebab pelatihan penyusunan pengelolaan kas di lingkungan UMKM, agar pelaporan penggunaan uang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat,”ungkap Rizal dalam keterangan tertulis, Rabu (12/7).

Baca Juga : Mahir Kelola Laporan Keuangan Gunakan Zahir Accounting

Ia mengatakan lebih lanjut, bahwa kegiatan tersebut diberikan pengetahuan yang komprehensif tentang fitur-fitur zahir Accounting yang dapat membantu mereka dalam melacak arus kas, mencatat transaksi keuangan, dan membuat laporan keuangan yang akurat.

“Selain itu, para peserta akan mendapatkan wawasan praktis tentang manfaat menggunakan aplikasi Zahir Accounting dalam pengelolaan kas pada UMKM. Mereka belajar tentang cara mengatur dan memantau pemasukan dan pengeluaran kas, mengelola inventaris, serta membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan yang terperinci,” lanjut Rizal.

Baca Juga : Prodi Administrasi Bisnis Universitas BSI Bekali Mahasiswa Dengan Sertifikasi Zahir Accounting

Sementara itu, Ketua PKK Desa Bojong Sawah, Mesa Maesyaroh, mengungkapkan, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pelatihan pengelolaan kas menggunakan Zahir Accounting sampai dengan laporan keuangan untuk pelaku usaha UMKM.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus dilakukan, terlebih terlebih tema yang diangkat adalah solusi dari permasalahan yang memang sering di hadapi oleh para pelaku UMKM. Saya berharap, kegiatan ini akan terus berlanjut dengan materi-materi yang lain seperti digital marketing dan lainnya, agar para UMKM dapat peningkatan pemahaman literasi digital, peningkatan inovasi, mutu dan kualitas produk UMKM,”ujar Mesa.

Kepala Desa Bojongsawah, Mahfud Faisal mengucapkan rasa terima kasihnya kepada segenap panitia kegiatan pengabdian masyarakat, yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dengan para pelaku UMKM PKK di Desa Bojongsawah.

“Saya berterima kasih, kepada panitia khususnya yang sudah berkenan berbagi ilmu melalui pelatihan ini, yang InsyaAllah akan sangat bermanfaat sekali bagi peserta, terlebih untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola kas dan pelaporan UMKM,” tandas Mahfud Faisal.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.