Mengikuti Program Praktisi Mengajar, Mahasiswa Prodi Perhotelan Siap Hadapi Tantangan Industri Hospitality yang Kompetitif

0 31

BSINews, Yogyakarta–Program Studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta sukses menyelenggarakan Program Praktisi Mengajar Kemdikbud yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan industri hospitality yang semakin kompetitif, pada Kamis (29/6/23).

Baca Juga: Kolaborasi Universitas BSI Kampus Tegal Dengan Praktisi Industri Dalam Program Praktisi Mengajar

Program ini dilaksanakan pada semester Genap 2022/2023 menggabungkan pengalaman praktisi ternama dengan perkuliahan kolaboratif bersama dosen kelas, yang memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada para mahasiswa.

Dalam program ini, mahasiswa Prodi Perhotelan Universitas BSI akan mendapatkan kesempatan belajar langsung dari praktisi berpengalaman dalam berbagai aspek industri perhotelan. Salah satu dosen praktisi yang terlibat dalam program ini adalah Nur Raga Ardani  dari Gallery Prawirotaman Hotel.

Ia berkolaborasi memberikan materi perkuliahan Operasional Patisserie, yang meliputi praktik menyediakan dan menyiapkan chocolat custard muffin, serta pembuatan produk patisserie croissant. Mahasiswa juga akan belajar metode pembuatan croissant dan perhitungan cost control dalam satu resep produk, serta menyiapkan, menyediakan, dan menyimpan beef burger, dan sweet bread.

Selain itu, program ini juga melibatkan dosen praktisi Yudi Sunyoto dari The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa. Yudi Sunyoto berkolaborasi dengan dosen memberikan perkuliahan mengenai Operasional Kantor Depan, yang mencakup materi seperti reservasi, penanganan barang bawaan tamu, dan merespon permintaan atas layanan bell desk, concierge, dan guest relation officer (GRO).

Selanjutnya, mahasiswa juga mendapatkan materi kolaborasi pengetahuan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions) dari dosen praktisi Yudi Sunyoto dari The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa.

“Mereka mempelajari keterampilan logistik dalam kegiatan MICE, memahami aspek keuangan dalam kegiatan MICE, menyusun anggaran kegiatan MICE, serta melakukan asistensi eksekusi event,” ucap Yudi.

Emmita Devi Hari Putri selaku Ketua Program Studi Perhotelan Universitas BSI Kampus Yogyakarta, menyampaikan Program Praktisi Mengajar Kemdikbud ini merupakan bentuk komitmen Universitas BSI untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan. Dengan melibatkan praktisi yang berpengalaman, diharapkan mahasiswa akan siap menghadapi tantangan dunia kerja dan menjadi calon profesional

Baca Juga: Prodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Bogor Kolaborasi Dengan Praktisi Pada Program Praktisi Mengajar

“Program Praktisi Mengajar Kemdikbud ini merupakan upaya kami untuk memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas kepada mahasiswa kami. Dengan melibatkan praktisi ternama, kami yakin mahasiswa akan mendapatkan wawasan yang lebih luas dan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk sukses dalam industri hospitality yang semakin kompetitif,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.