Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI KampusTegal Gelar Uji Kompetensi Programmer BNSP

0 61

BSINews, Tegal – Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tegal menyelenggarakan kegiatan uji kompetensi programmer yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI yang telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada Jumat (7/7/2023).

Baca Juga: Pelaksanaan Sertifikasi Uji Kompetensi Office Executive Administrastive Assistant Bagi Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran

BNSP merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja, baik yang berasal dari lulusan pelatihan kerja maupun dari pengalaman kerja, Sedangkan sertifikasi profesi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dikuasi seseorang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) standar internasional atau standar khusus.

Kegiatan uji kompetensi diikuti sebanyak 19 mahasiswa program studi Sistem Informasi Akuntnasi Universitas BSI Kampus Tegal. Hadir sebagai  asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI yakni  Sopian Aji  dan Husni Faqih.

Husni Faqih selaku asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi BSI  menjelaskan bahwa  serangkaian kegiatan dari uji kompetensi seperti mengumpulkan  bukti-bukti yang telah dikumpulkan untuk mencerminkan bukti yang diperoleh untuk menentukan Kompetensi asesi untuk setiap Unit Kompetensi dari Observasi demontrasi, Pertanyaan Lisan, Pertanyaan Tertulis dan Proyek Kerja berupa projek atau program sebagai pendukung uji kompetensi.

“Menyampaikan bahwa perguruan tinggi ikut berperan aktif dalam melakukan perubahan demi menghasilkan mahasiswa yang memiliki kemampuan sesuai bidang keahliannya dan berdaya saing, masing-masing yang dibuktikan melalui sertifikat kompetensi,” tutur Husni.

Sementara itu, Sopian Aji selaku asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi BSI menjelaskan  setelah ujian ini mahasiswa nantinya bisa kompeten semua dan mendapatkan sertifikat kompetensinya, dengan memiliki sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah guna bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Jadi Assesor Uji Kompetensi Pelatihan BPPTIK Cikarang

“Semoga dengan adanya uji kompetensi ini, mahasiswa bisa kompeten pada bidang programmer dan mendapatkan sertifikat dari BNSP. Dengan berbekal sertifikat kompetensi mahasiswa terus mengembangkan diri jangan berpuas diri, serta dapat meningkatkan rasa percaya diri kelak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmunya,” tutupnya.(RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.