Pelaksanaan Sertifikasi Uji Kompetensi Office Executive Administrastive Assistant Bagi Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran

0 189

BSINews, Jakarta–Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah mengadakan sertifikasi kompetensi dibidang office executive administrative assistant pada tanggal 5, 6 dan 7 Juli 2023 yang bertempat di Aula Kampus Universitas BSI Jatiwaringin.

Baca Juga: Tingkatkan Pemahaman Zahir, Prodi Sistem Informasi Akuntansi Gelar Workshop dan Sertifikasi Uji Kompetensi

Kegiatan ini diikuti oleh peserta mahasiswa semester 6 dengan jumlah  111 peserta. Uji kompetensi ini perlu dilakukan dalam rangka mengukur kemampuan mahasiswa dalam menguasai bidang office executive administrastive assistant.

Idah Yuniasih selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Administrasi Perkantoran Universitas  BSI mengatakan tujuannya kegiatan ini adalah agar mahasiswa memiliki sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti tertulis kemampuannya di bidang office executive administrastive assistant sebelum memasuki dunia kerja,

“Kegiatan uji sertifikasi kompetensi ini terlaksana atas kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi BSI (LSP BSI) sebagai lembaga yang menaungi kegiatan sertifikasi kompetensi dibawah BNSP. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk penilaian teruji terkait sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Administrative Asistan,” jelas Jumat (7/7/23).

Lanjutnya, Skema Office Executive Administrative Assitant ini menguji kemampuan mereka dalam 29 unit kerja yang menjadi bagian dari skema tersebut. Untuk menyatakan bahwa mahasiswa tersebut kompeten ialah mampu menyelesaikan seluruh unit dengan baik dan benar. Uji kompetensi yang dilakukan adalah dengan metode observasi langsung, pertanyaan lisan dan pertanyaan tertulis.

“Asesi akan melaksanakan tiga tahapan ujian yaitu sesi praktik demonstrasi, dimana mahasiswa akan mempraktikan secara langsung bagaimana proses dalam penyelesaian studi kasus untuk masing-masing unit yang diujikan,” ucapnya.

Saat uji praktik demonstrasi berlangsung, Asesor akan menilai setiap kegiatan yang dikerjakan apakah sesuai dengan daftar ceklis untuk studi kasus, selama melakukan praktik asesor juga melakukan uji kedua yaitu sesi pertanyaan lisan observasi. Dalam pertanyaan lisan yang diberikan ini, asesor menanyakan hal-hal yang lebih mendalam terkait pelaksanaan praktik demonstrasi tersebut.

Baca Juga: “Workshop dan Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting”

“Sesi terakhir dalam uji kompetensi ini adalah sesi pertanyaan tertulis. Dalam kegiatan ini asesi diminta untuk menjawab soal essay mengenai 29 unit yang diujikan menggunakan sistem yang disediakan oleh LSP BSI,” tutupnya.(RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.